Gol Tunggal Luciano Rodriguez Antar Uruguay Jadi Juara Piala Dunia U-20 2023

Timnas-Uruguay-U20-IP

Tim Uruguay merayakan kemenangan setelah berhasil meraih juara Piala Dunia U-20 2023 mengalahkan Italia di laga final. Foto: Twitter @ @LibertadoresU20

INDOPOS.CO.ID – Gol tunggal lewat aksi Luciano Rodriguez mengantarkan Tim Uruguay meraih juara Piala Dunia U-20 2023 dalam laga final melawan Italia di Stadion Unico Diego Armando Maradona, La Plata, Argentina, Senin (12/6/2023) pagi WIB.

Skor tipis 1-0 membuat Uruguay menggagalkan ambisi Italia untuk menang. Uruguay akhirnya berhasil mengangkat trofi setelah dua kali gagal di final Piala Dunia U-20 pada tahun 1997 dan 2013.

Pertanding berjalan cukup bersaing sejak awal laga. Masing-masing tim mengalami kesulitan untuk menciptakan gol. Sepanjang babak pertama, tidak ada gol yang tercipta. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuksi babak kedua, gol baru tercipta di menit ke-86 lewat aksi Luciano Rodriguez. Italia mencoba untuk melakukan pembalasan namun hingga akhir pertandingan tim Uruguay tetap bertahan.

Kemenangan ini mengantarkan Uruguay menjadi juara Piala Dunia U-20 untuk kali pertama kalinya. Italia harus puas dengan predikat runner-up.

Uruguay merupakan negara ke-13 yang mampu merebut trofi kejuaraan sepak bola yang dikhususkan bagi para pemain muda sejak mulai digulirkan pada 1977 silam.

Sebelumnya Uruguay telah dua kali gagal di final pada tahun 1997 dan 2013. Dalam laga final ketiganya yang digelar di Unico Diego Armando Maradona Stadium, La Plata, Argentina, Uruguay sukses menggagalkan ambisi Italia lewat gol tunggal Luciano Rodriguez.

Sementara itu, timnas Israel menduduki posisi ketiga Piala Dunia U-20 usai mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-1 pada partai perebutan tempat ketiga di Stadion Ciudad de La Plata, Buenos Aires, Senin dini hari.

Pada pertandingan itu, kemenangan Israel hadir berkat gol yang dicetak Anan Khalaili, Omer Senior, dan Ran Binyamin. Sedangkan Korea Selatan sempat membalas melalui tendangan penalti Lee Seung-Won.

Ini merupakan pencapaian terbaik Israel pada ajang Piala Dunia U-20 setelah pada tahun sebelumnya mampu menempati tempat kedua Piala Eropa U19. (dam)

Exit mobile version