Gol Luis Diaz Dianulir Wasit, Liverpool: Integritas Olahraga Dirusak

Posisi-Luis-Diaz

Posisi Luis Diaz saat mencetak gol ke gawang Tottenham yang kemudian dianulir oleh wasit setelah melihat VAR. Foto: Sky Sports.

INDOPOS.CO.ID – Liverpool menegaskan integritas olahraga dirusak setelah gol Luis Diaz dianulir saat melawan Tottenham pada laga Liga Premier, Sabtu (30/9/2023) malam WIB. Apalagi Badan Wasit Sepak Bola Inggris atau Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) telah mengakui bahwa keputusan wasit menganulir gol Luis Diaz adalah kesalahan manusia yang signifikan.

Gol Diaz melawan Spurs secara keliru dianulir karena offside setelah VAR secara keliru meyakini keputusan di lapangan.

“Klub Sepak Bola Liverpool mengakui pengakuan PGMOL atas kegagalan mereka tadi malam. Jelas bahwa penerapan hukum permainan yang benar tidak terjadi, sehingga integritas olahraga dirusak,” bunyi pernyataan Liverpool yang dirilis pada Minggu (1/10/2023) malam seperti dikutip Sky Sports, Senin (2/10/2023).

“Kami sepenuhnya menerima tekanan yang dialami ofisial pertandingan, tetapi tekanan ini seharusnya dapat dikurangi, bukan diperburuk, dengan keberadaan dan penerapan VAR,” tandas Liverpool.

“Oleh karena itu, tidaklah memuaskan jika tidak ada waktu yang cukup untuk memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat dan tidak ada intervensi lanjutan,” ujarnya.

“Kegagalan tersebut telah dikategorikan sebagai kesalahan manusia yang signifikan” juga tidak dapat diterima. Setiap dan semua hasil harus ditentukan hanya melalui peninjauan dan dengan transparansi penuh,” tambah Liverpool.

“Ini sangat penting untuk keandalan pengambilan keputusan di masa depan karena ini berlaku untuk semua klub dengan pembelajaran yang digunakan untuk melakukan perbaikan pada proses guna memastikan situasi seperti ini tidak terjadi lagi. Sementara itu, kami akan menjajaki berbagai opsi yang tersedia, mengingat jelas adanya kebutuhan untuk eskalasi dan resolusi,” ujarnya.

Seperti diketahui, PGMOL mengakui segera setelah kemenangan 2-1 Tottenham bahwa telah terjadi kesalahan manusia yang signifikan dalam keputusan wasit menganulir gol Luis Diaz.

“Ini adalah kesalahan faktual yang jelas dan nyata dan seharusnya mengakibatkan gol tersebut diberikan melalui intervensi VAR,” kata PGMOL.

Awalnya diyakini bahwa VAR Darren England gagal memeriksa apakah bek Tottenham memainkan Diaz secara onside dengan menarik garis di layar.

Namun, yang mengejutkan, belakangan diketahui bahwa VAR salah mengira keputusan di lapangan bahwa gol telah disahkan, padahal kenyataannya tidak demikian.

Pada Minggu pagi, PGMOL mengonfirmasi Inggris dan Dan Cook, asisten VAR untuk pertandingan Tottenham vs Liverpool, telah ditarik dari pertandingan berikutnya.

Inggris sedianya menjadi bagian dari tim wasit di City Ground pada hari Minggu untuk pertandingan Nottingham Forest melawan Brentford tetapi digantikan oleh Craig Pawson.

Cook seharusnya terlibat dalam pertandingan kandang Fulham melawan Chelsea pada hari Senin tetapi Eddie Smart telah menggantikannya.

Untuk diketahui, berdasarkan aturan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional atau International Football Association Board (IFAB), tentang VAR tidak dapat ditarik kembali dalam kasus seperti ini.

Peraturan 10 mengatakan: “Jika permainan telah dihentikan dan dimulai kembali, wasit tidak boleh melakukan peninjauan ulang kecuali jika terjadi kesalahan identitas atau kemungkinan pelanggaran yang berkaitan dengan tindakan kekerasan, meludah, menggigit, atau tindakan yang sangat menyinggung, menghina, dan/atau tindakan kasar.” (dam)

Exit mobile version