Pecah Rekor, Atlet Karate Indonesia Raih Medali Emas Tingkat Dunia

WKF Youth League

Pecah Rekor, Atlet Karate Indonesia Raih Medali Emas Tingkat Dunia - Akio Zaiko - www.indopos.co.id

Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) berhasil meraih 1 emas atas nama Akio Zaiko (kedua dari kiri) pada hari kedua World Karate Federation (WKF) Youth League 2024 di Fujairah, Uni Emirat Arab. Foto: PB Inkanas

INDOPOS.CO.ID – Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) berhasil meraih 1 emas atas nama Akio Zaiko dan 1 perunggu atas nama Syifa Akhmalia Akhmad pada hari kedua World Karate Federation (WKF) Youth League 2024 di Fujairah, Uni Emirat Arab.

Ini dapat dikatakan rekor terbesar sepanjang sejarah Karate Indonesia, di mana atlet Karate Indonesia dapat meraih medali emas tingkat Dunia WKF dalam laga Youth League yang dihasilkan kedua Karate-Ka binaan Inkanas DKI Jakarta.

Perjuangan Akio yang saat ini bersekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) 55 Jakarta Selatan bertanding di kategori Kata Individu Putra Junior tidak mudah, karena kompetitornya terbilang banyak hingga 87 orang dan terbagi ke dalam 8 pool. Sehingga Akio harus bertanding sebanyak 7 kali sebelum memperoleh medali emas.

Sementara itu, Syifa Akhmalia Akhmad di kelas Kata Individu Putri Junior berhasil meraih perunggu setelah bertanding sebanyak 5 kali.

Kepala Delegasi Tim Pengurus Besar (PB) Inkanas yang juga Ketua Bidang Luar Negeri PB Inkanas, Ricky Muchtar mengatakan, kemenangan ini bukan hanya teknik Karate-Ka Inkanas yang memang sudah cukup mumpuni, tapi juga ditambah kelihaian dan kerja sama para pelatih PB Inkanas dalam menerapkan strategi ramuan dari Coach Umar Syarief, Coach Saptahidayat Dama dan Coach Donny Zaiko.

“Jadi, tidak salah lagi kalau kami sangat bangga dengan pencapaian atlet-atlet Inkanas yang telah berjuang pada event resmi WKF ini,” ujarnya, dalam keterangannya, Sabtu (24/2/2024).

Namun, perjuangan ini masih panjang. Masih terdapat beberapa atlet lagi yang akan bertanding, yaitu Wan Aqso dari NTB yang sebelumnya meraih emas di Kejuaraan MAIA Cup Portugal dan Zaskia Salurante dari Gorontalo yang sebelumnya juara di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) di Kupang.

Mereka berlaga hari ini, Sabtu (24/2/2024) di Zayed Sports Complex. Dengan demikian, Inkanas merupakan satu-satunya perguruan Karate di Indonesia yang telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan WKF Karate event dengan mengirimkan atlet pada Kejuaraan WKF Series A di Shanghai dan Jakarta, kemudian WKF World Premiere League di Dubai dan kini WKF Youth League Fujairah.

Sementara itu, di kelas Kumite-61 Kg Putra Junior atas nama Bintang Siregar pada babak pertama unggul atas Karate-Ka Amerika Baldis Machi namun pada babak kedua harus mengalah pada Karate-Ka Polandia Machaj Jakubz.

Kemudian di kelas Kumite-53 Kg Putri Junior, Karateka asal Lampung Aini Citra Devi harus takluk di babak pertama oleh atlet China Dong Jieru dengan skor tipis 1-0. (rmn)

Exit mobile version