Ace Hasan Syadzily Layak Gantikan Zainudin Amali di Kursi Menpora

Ace Hasan Syadzily Layak Gantikan Zainudin Amali di Kursi Menpora - ace hasan - www.indopos.co.id

Tb. Ace Hasan Syadzily. Foto: Dokumen Pribadi

INDOPOS.CO.ID – Zainudin Amali disebut siap mundur dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Pengamat politik dan Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad, menilai kemungkinan besar posisi Menpora akan tetap diisi oleh kader Partai Golkar.

“Secara etis, posisi Menpora yang kosong itu sebaiknya kembali diisi oleh kader partai Golkar. Tidak ada isu mendesak yang membuat presiden harus mengurangi posisi menteri dari salah satu partai besar yang menjadi pendukung utamanya,” ujar Saidiman, seperti dikutip, Rabu (22/2/2023).

Diketahui, sejumlah nama yang berpotensi menggantikan posisi Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mulai disebut-sebut.

Beberapa nama yang sering disebut sebagai pengganti Zainudin Amali adalah Ace Hasan Syadzily (Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat dan Ketua Golkar Institute), Ilham Permana (Ketua AMPG), Dito Ariotedjo (Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) masa jabatan 2016–2021).

Menurut Saidiman, Golkar memiliki banyak kader yang potensial. Tapi presiden perlu mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, tokoh tersebut memiliki rekam jejak yang baik di bidang olahraga dan kepemudaan. Kedua, dia adalah loyalis pemerintah. Ketiga, dia memiliki kapabilitas yang baik. Keempat, tokoh tersebut memiliki akseptabilitas yang baik atau relatif bisa diterima oleh banyak kalangan. Kelima, dia juga memiliki integritas, tidak terkait dengan kasus pelanggaran hukum apa pun.

Terkait siapa yang akan berpeluang menduduki kursi Menpora, Saidiman menilai Ketua DPD Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily merupakan sosok yang dianggap lebih layak dipertimbangkan.

“Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Tb. Ace Hasan Syadzily, adalah kader dan tokoh muda Partai Golkar saat ini yang paling mendekati semua kriteria dan karakter tersebut. Apalagi Ace pernah menjadi juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Makruf di 2019.

Ace memiliki rekam jejak yang sangat baik sebagai aktivis kepemudaan. Ace juga memiliki kapasitas yang sangat baik dengan rekam pendidikan formal sampai tingkat doktoral di bidang kebijakan publik. Ini sangat dibutuhkan untuk mendorong reformulasi dan perbaikan manajemen kebijakan di lingkungan Kemenpora, khususnya sektor olah raga. Ace juga adalah tokoh Golkar yang relatif bersih dan populer,” kata Saidiman.

Selain itu, lanjut Saidiman, Ace memiliki rekam jejak sebagai aktivis, intelektual, dan politikus yang cukup aktif dalam memberikan solusi dan terobosan baru di lingkungan aktivitasnya. Hal ini bisa dilihat dari aktivitas dan terobosan pemikirannya yang hampir selalu mendapatkan liputan media.

“Kemenpora membutuhkan sosok seperti Ace yang bisa berkomunikasi dengan baik dengan publik melalui media,” lanjutnya. (ibs)

Exit mobile version