Ganjar Asli Putera Purworejo, Pakuwojo tak Berpolitik Praktis di Pemilu 2024

pakuwojo

Ketua Umum Perkumpulan Keluarga Besar Purworejo Zainal Arifin. Foto: Nasuha/ INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Perkumpulan Keluarga Besar Purworejo (Pakuwojo) tetap menjaga netralitas dan tidak berpolitik. Kendati Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo berasal dari Purworejo.

Pernyataan tersebut diungkapkan Ketua Umum (Ketum) Pakuwojo Zainal Arifin ditemui INDOPOS.CO.ID dalam acara halal bihalal dan Mubes ke-V Pakuwojo di Jakarta, Sabtu (10/6/2023).

Ia mengatakan, Pakuwojo memiliki kedekatan secara emosional dengan sosok Ganjar Pranowo. Sehingga, tak sedikit dukungan ke Bacapres dari partai demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) datang secara perorangan.

“Kalau secara paguyuban kami tetap netral, kalau ada dukungan secara perorangan silahkan,” katanya.

Di tahun politik ini, secara perorangan ia tak melarang warga Purworejo mendukung Ganjar Pranowo di 2024 nanti. “Meskipun di sana sini masih ada kekurangan dalam memimpin Jawa Tengah, mari tetap dukung Pak Ganjar menjadi Presiden di 2024 nanti,” katanya.

Terkait halal bihalal, pria yang didapuk menjadi Ketum Pakuwojo 2 periode ini mengatakan, halal bihalal penting dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi. “Tidak untuk yang lain, melalui halal bihalal kami ingin merekatkan kembali tali silaturahmi sesama warga Purworejo di rantau,” katanya.

Pelaksanaan Mubes Pakuwojo, dikatakan dia, telah dituangkan dalam anggaran dasar/ anggaran rumah tangga (AD/ART). Dan semestinya Mubes ke-V dilaksanakan pada 2021 lalu.

“Karena pandemi Covid-19 pelaksanaan Mubes ke-V baru sekarang kami gelar. Jadi kepengurusan periode 2016-2021 baru akan diputuskan hari ini,” ungkapnya.

Ia mengatakan, banyak pekerjaan rumah (PR) besar bagi pengurus baru nanti. Sebab, di usianya ke-28 tahun Pakuwojo sudah tak muda lagi. “Saya berharap ada regenerasi kepengurusan. Sudah waktunya yang muda menerima tongkat estafet ini,” katanya.

“Harus ada perubahan besar Pakuwojo ke depan. Dengan melanjutkan program-program baik di kepengurusan sebelumnya dan melakukan inovasi-inovasi lainnya,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Halal Bihalal dan Mubes ke-V Pakuwojo Rendra Kusuma Wijaya menuturkan, hajatan lima tahunan ini terlaksana berkat dukungan dari warga Purworejo di rantau. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan hari ini,” ujarnya.

Ia meyakini, hasil dari Mubes ke-V nanti bisa membawa Pakuwojo ke depan lebih berdikari. Dan mampu menjawab semua tantangan, dengan menjadi organisasi kemasyarakatan yang mampu bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Purworejo. Dan juga menjembatani pemerintah kabupaten Purworejo dengan pemerintah provinsi serta pemerintah pusat.
(nas)

Exit mobile version