Bangun Pabrik Pertama di Indonesia, Lamipak Investasikan USD200 Juta

lamipak

Kiri ke kanan: Head of Cabang Bank Mandiri Cabang Serang, Tri Marsudi; Lamipak Indonesia, Yusuf Hisyam; Project Manager Lamipak Indonesia, Andi Kurniawan; Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan; Managing Director Lamipak Indonesia, Kostiantyn Sinikov; Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa; Head of Sustainability - Heppy Moiras; perwakilan Komandan Distik Militer (Dandim) Serang, Letnan Kolonel (Letkol) Sodikin; Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Serang, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yudha Satria; Head of General Affair, Arief Mahdali, berfoto bersama usai peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan pabrik kemasan aseptik di Cikande, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (20/5/2022). Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Lami Packaging (Lamipak) resmi memulai pembangunan pabrik kemasan aseptik pertamanya di Indonesia. Pabrik ini berlokasi di Cikande, Kabupaten Serang, Banten, sekitar 65 kilometer (km) ke arah barat dari DKI Jakarta dengan waktu tempuh hanya sekitar 5 menit dari atau ke Gerbang Tol Cikande.

Sebagai salah satu pemimpin industri penyedia produk dan solusi kemasan aseptik berkualitas tinggi, Lamipak akan mendirikan pabriknya ini di atas lahan seluas 16,5 hektare dan memiliki luas bangunan lebih dari 55 ribu meter persegi. Pabrik ini juga akan dilengkapi dengan mesin berkelas dunia yang sejalan dengan industri 4.0 sehingga menjadikannya yang paling canggih dibandingkan dengan pabrik lainnya yang pernah dibangun Lamipak.

Vice Chairman Lamipak, Anil Kaul mengatakan, untuk melayani basis pelanggan kemasan aseptik yang berkembang sangat pesat, pihaknya akan memperluas kapasitas pabrik di Indonesia hingga 18 miliar kemasan dalam 2 tahap dengan total investasi sebesar USD200 juta pada tahun 2024.

“Misi utama dari ekspansi kami (Lamipak, red) juga untuk menjadi pemimpin global dalam industri pengemasan makanan dan minuman, dengan menjadi penyedia solusi satu atap yang menawarkan produk dengan jejak karbon terendah,” ujarnya, dalam keterangannya, Jumat (20/5/2022).

Managing Director Lamipak Indonesia, Kostiantyn Sinikov mengatakan, tim Lamipak bangga dan bersemangat untuk terlibat dalam proyek ini. Setelah pabrik siap beroperasi secara komersial, pabrik ini akan menjadi tolok ukur (benchmark) untuk fasilitas pabrik kemasan kelas dunia yang seharusnya dan akan memberikan layanan berkelas dunia, baik untuk pelanggan lokal maupun mancanegara.

“Selain itu, kehadiran pabrik ini akan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar dan kegiatan usaha mereka serta menciptakan lapangan kerja baru,” katanya.

Sementara, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, menyampaikan apresiasi kepada Lamipak Indonesia yang telah berinvestasi USD200 juta untuk membangun pabrik kemasan aseptik di Kabupaten Serang dengan dimulainya peletakan batu pertama (groundbreaking).

“Pemkab Serang akan mendukung pembangunan pabrik Lamipak karena akan memberikan banyak keuntungan bagi Indonesia, khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Serang, seperti penyerapan tenaga kerja serta mampu menumbuhkan bisnis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM),” sebutnya.(rmn)

Exit mobile version