Mudah Didaur Ulang, Sampah Plastik Jenis PET Bernilai Ekonomi Tinggi

Sampah-Daur-Ulang

Armada tambahan untuk meningkatkan collection plastik polyethylene terephthalate (PET). (Dok Le Mineral)

INDOPOS.CO.ID – Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN) Le Mineral menyerahkan tambahan armada berupa lima unit mobil pickup L300 untuk meningkatkan collection plastik polyethylene terephthalate (PET) sebesar 350 ton/tahun. Sekaligus mendukung pergerakan daur ulang lingkaran terbuka dan tertutup.

Rencananya mobil tersebut akan melayani lebih dari 200 pengepul yang merangkul lebih dari 2.000 pemulung di lima kota empat provinsi, antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta dan Jawa Tengah.

“Tambahan lima mobil ini akan diprioritaskan untuk mengambil galon PET, yang memiliki nilai daur ulang tinggi,” kata Direktur Sustainability Le Minerale Ronald Atmadja dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Industri daur ulang, PT Prevented Ocean Plastic lndonesia (POPI) menyebut, galon sekali pakai bukanlah masalah di lapangan, justru menjadi berkah bagi teman-teman pengumpul dan bagi recycler.

“Membantu pemulung karena biasanya pemulung harus mengumpulkan 33 botol untuk dapatkan 1kg PET. Sekarang teman-teman pemulung hanya cukup mengumpulkan 4 botol saja sudah dapat 1kg PET,” ucap Direktur Utama PT POPI Daniel Lawrence Angelo Law.

Selain meringankan pemulung dan recycler, ternyata galon sekali pakai memiliki keunggulan dari sisi berat yang lebih tinggi dibandingkan material plastik PET pada umumnya.

Sehingga mampu menaikkan volume produksi karena jumlah cacahan lebih banyak. Galon itu relatif lebih mudah untuk dibersihkan dan sedikit kontaminan.

“Lebih efisien saat proses produksi karena lebih berat. Galon lebih tebal sehingga bisa menambah density PET dan hasilnya pun lebih kuat,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version