Menjadikan Islam Bekal Hidup

Sholat Berjamaah

Ilustrasi umat taat beribadah (dok Kemenag)

INDOPOS.CO.ID – Penguatan tauhid bagi setiap muslim sangat penting. Terlebih ini untuk bekal nanti saat menghadap Allah subhanahu wa ta’ala (SWT). Oleh karena itu, Allah SWT menurunkan ad-Din. Yaitu Islam sebagai pedoman dan petunjuk bagi umat manusia.

Pernyataan tersebut diungkapkan Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor KH Hasan Abdullah Sahal melalui gawai, Minggu (17/4/2022).

Apakah Din itu? Din adalah suatu pegangan keyakinan yang abadi. Ia menjadi identitas yang abadi dan pilar-pilar yang abadi. Saat ini ramai diperbincangkan oleh orang-orang istilah ‘pilar’.

“Kita harus mengetahui bahwa pilar ad-Dinul Islam ada tiga. Apa saja itu, yang pertama Iman, yang kedua Islam dan yang ketiga adalah Ihsan. Contoh implementasinya, orang tidak boleh mengerjakan puasa, tatkala meninggalkan shalat, termasuk mengerjakan shalat namun tidak ikhlas, maka ibadahnya juga tidak sempurna,” terangnya.

Islam adalah suatu kesatuan yang utuh. Maka, tauhid seorang umat harus utuh dengan tiga pilar tadi, baik di pasar atau di jalan, di majelis atau di masjid.

“Sudah sejatinya umat Islam harus berbangga dan menjadikan Islam sebagai bekal hidup dimanapun dan kapanpun,” tuturnya.

“Kita jangan menjadikan harta, tahta, wanita, senjata, berita membuat kita kalah dari mengingat Allah. Kita perlu istighfar massal dalam kondisi seperti ini, meskipun peluang masuk surga dalam kondisi seperti ini sangat tinggi,” imbuhnya.

Ia berpesan, pentingnya untuk mengingatkan bahwa kualitas keimanan, keislaman dan keihsanan setiap orang ada raport-nya. Jangan sampai di kondisi seperti saat ini justru menurunkan raport keimanan kita. Caranya dengan tetap bersyukur. Tetap berdoa semoga generasi ini dan generasi akan datang bisa berjumpa di akhirat. Kuncinya adalah beriman. (nas)

Exit mobile version