Mummy Make Over, Operasi Bedah Plastik Kembalikan Bentuk Tubuh Ideal Pascamelahirkan

Mummy Make Over, Operasi Bedah Plastik Kembalikan Bentuk Tubuh Ideal Pascamelahirkan - hamil 1 - www.indopos.co.id

Ilustrasi. Foto: Shutterstock

INDOPOS.CO.ID – Bagi sebagian perempuan, melahirkan merupakan momen yang ditunggu-tunggu dan menegangkan untuk menyambut sang buah hati. Namun, sebagian lainnya mengkhawatirkan keadaan tubuh tidak seperti sebelumnya.

Tentunya jika ingin memulihkan kondisi tubuh tersebut harus menunggu proses cukup lama didukung kondisi fisik, serta mental yang prima dibarengi olahraga dan pola makanan.

Umumnya, keadaan tubuh pasca-melahirkan biasanya payudara setelah menyusui menjadi kosong dan kendur. Otot perut dapat terdorong hingga menyebabkan perut membuncit.

Selain itu, kulit perut kendur dapat menjadi menonjol dan sulit untuk digeser. Lemak dapat menumpuk di area yang menyebabkan tonjolan tidak sedap dipandang dan sangat sulit dihilangkan.

Malaysia menawarkan bedah plastik yang bisa membantu untuk mengatasi dan mengembalikan tubuh ke kondisi sebelum hamil yang disebut dengan istilah “Mummy Make Over”.

Istilah tersebut umumnya mengacu pada sekelompok prosedur bedah plastik, yang dirancang meremajakan dan mengembalikan tubuh perempuan dari kondisi pasca-kehamilan ke kondisi sebelum hamil.

“Prosedur Mummy Make Over ini adalah operasi bedah plastik yang biasanya menyasar payudara dan juga tubuh,” kata dr. Kenneth Kok yang merupakan Konsultan Bedah Plastik, Rekonstruksi dan Kosmetik dari Rumah Sakit Prince Court Medical Centre, Kuala Lumpur, Malaysia dalam keterangannya, Rabu (31/1/2024).

Cara yang dilakukan terhadap tubuh adalah abdominoplasty, juga dikenal sebagai pengencangan perut.

“Digunakan untuk menghilangkan kelebihan lemak dan jaringan lunak yang menumpuk di bagian bawah perut, di bawah pusar,” jelas dr. Kenneth.

Jika ingin melakukan operasi tersebut, pasien disarankan harus menunggu setidaknya 6 bulan hingga satu tahun setelah kelahiran anak. Sebab, tubuh mengalami perubahan setelah melahirkan.

“Sebagai pedoman umum, berikan waktu minimal 2 minggu untuk prosedur yang lebih kecil dan hingga 4-6 minggu untuk prosedur yang lebih besar atau kombinasi,” tuturnya.

Melalui operasi tersebut diharapkan keadaan ibu, pasca-melahirkan bisa mengembalikan tubuhnya seperti sebelumnya dan bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan tubuh ideal. (dan)

Exit mobile version