Kemenlu Berupaya Evakuasi Seluruh WNI di Ukraina

ukraina

25 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Odessa, Ukraina berhasil dievakuasi ke Bukares, Rumania. Foto: Twitter/@Kemlu_RI

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) telah melakukan evakuasi sebanyak 25 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Odessa, Ukraina ke Bukares, Rumania.

Evakuasi itu dilakukan saat situasi konflik antara Ukraina dengan Rusia makin memanas. Terlebih pasukan Rusia terus mendesak maju ke arah ibu Kota Ukraina, Kiev.

“Alhamdullilah, 25 WNI telah berhasil dievakuasi dari Odessa, Ukraina dan telah tiba di wilayah Rumania,” tulis akun Twitter resmi Kemlu @Kemlu_RI dilihat, Senin (28/2/2022).

Tim KBRI Bucharest membawa evacuee (pengungsi) menuju Bucharest. Bahkan pengungsi PBB mencatat lebih dari 120.000 pengungsi Ukraina telah meninggalkan negara tersebut ke negara tetangga sejak Rusia menyerang.

Sebagian besar menuju ke Polandia dan Moldova, tetapi juga ke Rumania, Slovakia serta Hongaria. Karenanya, pemerintah Indonesia bakal mengevakuasi seluruh WNI.

“Pemerintah terus mengupayakan evakuasi seluruh WNI dari berbagai kota di Ukraina,” ujarnya.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha memastikan pemerintah tengah menyiapkan rencana evakuasi untuk para WNI yang kini berada di Ukraina. Data terakhir yang dicatat Kemlu ada total 153 WNI di Ukraina.

“Keamanan dan keselamatan WNI selalu, menjadi prioritas utama,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version