Tuduhan IDI Terkait Disertasi Terawan Dinilai Cederai Dunia Akademis

Terawan Agus Putranto

Menteri Kesehatan periode 2019-2020 Terawan Agus Putranto. (Instagram/@kemenkes_ri)

INDOPOS.CO.ID – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) diminta buktikan tudingan yang menyebut, terdapat tekanan kepada para pembimbing untuk meluluskan disertasi Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengenai metode cuci otak pada 2016.

Menurut tenaga ahli Menteri Kesehatan era Terawan Agus Putranto, Andi tudingan tersebut cukup serius. Tuduhan itu terungkap dalam dalam rapat bersama Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) IDI dan Komisi IX DPR, Senin, 4 April 2022.

“Karena tuduhan ini bisa mencederai dunia akademis,” kata Andi dalam keterangannya, Kamis (7/4/2022).

Dalam rapat itu, anggota MKEK IDI, Rianto Setiabudy, menilai disertasi Terawan memiliki sejumlah kelemahan secara subtansial. Dia menduga para pembimbing Terawan mendapat tekanan. Namun tidak tahu bentuk tekanan itu.

“Tidak etis tuduhan tersebut disampaikan dalam forum resmi dan ditayangkan secara langsung ke publik,” ujar Andi.

“Apalagi yang menyampaikan seorang akademisi dan guru besar kedokteran, itu hal yang sangat memalukan bagi dunia akademik, Universitas Hasanudin (Unhas) Makasar itu kampus besar,” tambahnya.

Unhas merupakan salah satu kampus terbesar di indonesia, banyak tokoh lahir dari kampus tersebut. Terlebih telah banyak memberikan penghargaan kepada tokoh dalam negeri dan luar negeri.

“Unhas telah memberikan banyak gelar kepada tokoh nasional dan internasional, mulai dari Bung Karno, Bung Hatta, hingga Nelson Mandela dan banyak lagi tokoh lainnya,” ucapnya.

Pihak rektorat Universitas Hasanuddin sudah merespon tuduhan itu. Unhas mendesak MKEK IDI menjelaskan secara rinci terkait tuduhan tersebut.

Dalam rapat MKEK IDI dan Komisi IX DPR, anggota MKEK IDI, Rianto Setiabudy, menilai disertasi Terawan memiliki sejumlah kelemahan secara subtansial. Dia menduga para pembimbing Terawan mendapat tekanan. Namun tidak tahu bentuk tekanan itu.(dan)

Exit mobile version