Massa Demo BEM SI Padati Jalan Gerbang Pemuda

demo mahasiswa

Sejumlah mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) disambut massa demonstrasi di kawasan Senayan, Jakarta Pusat. Foto: Indopos.co.id/Dhika

INDOPOS.CO.ID – Sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus mulai berkumpul di kawasan depan Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat. Mereka berdatangan dari Jalan Gerbang Pemuda dan Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan.

Meski sempat diwarnai hujan, rupanya hal tersebut tak menyurutkan semangat mereka melakukan unjuk rasa. Setiap kampus diperkirakan membawa 30-50 orang mahasiswa dan mereka berjalan baris.

Rombongan mahasiswa pertama dari Universitas Veteran Jakarta, dengan massa sekira 40 orang terlihat membawa spanduk bertuliskan kritik terhadap meroketnya harga bahan pokok. Hal tersebut sesuai dengan tuntutan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI).

Mahasiswa lainnya menyusul dari belakang. Jumlahnya pun tak kalah banyak. Mereka berasal dari Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Pamulang, serta puluhan mahasiswa Institut Pertanian Bogor.

Rombongan mahasiswa lainnya bahkan mengucapkan salam sambil berjalan di kawasan Jalan Gerbang Pemuda menuju depan Gedung DPR/MPR.

“Assalamualaikum. Waalaikumsalam. Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) datang bawa rombongan,” ucap salah satu mahasiswa di Jakarta, Senin (11/4/2022).

Adapun daftar 4 tuntutan mahasiswa dalam demo hari ini. Pertama, mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.

Kedua, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret 2022 sampai 11 April 2022.

Ketiga, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan 3 periode

Keempat, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan Mahasiswa kepada Presiden yang hingga saat ini belum terjawab.

Demonstrasi tersebut rencananya diikuti oleh 1.000 mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Indonesia, terutama dari Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang. (dan)

Exit mobile version