Menebak Kandidat Calon Wakil Ketua MPR Pengganti Zulhas

pan

Ilustrasi Partai Amanat Nasional (PAN). (Istimewa)

INDOPOS.CO.ID – Jabatan wakil Ketua MPR dari F-PAN masih belum terisi, setelah ditinggalkan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan untuk menjadi Menteri Perdagangan di sisa masa jabatan periode tahun 2022-2024.

Menurut pengamat Politik Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurniasyah menyarankan partai berlambang matahari terbit tersebut segera mengajukan calon pengganti Zulhas di MPR.

Calon pengganti Zulhas di MPR harus merupakan sosok, punya pengalaman kelembagaan yang memadai. Meski posisi wakil di MPR sebenarnya tidak signifikan dari sisi pengaruh legislasi.

“PAN harus menunjuk kandidat, yang punya kapasitas dan punya jaringan kuat di internal PAN,” kata Dedi kepada wartawan di Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Jika dilihat dari peta internal PAN, mestinya kandidat yang diajukan haruslah dari poros, yang punya kekuatan besar dan loyal terhadap kepemimpinan Zulhas.

“Kalau di lihat petanya mungkin kubunya HR yang paling relevan untuk gantikan posisi Zulhas di MPR. Selain punya kekuatan juga kubu HR relatif kompromistis dan cenderung loyal ke Zulhas,” ujarnya.

Ia menambahkan, PAN akan semakin solid dan kuat jika mengakomodir gerbong tersebut aktif kembali di internalnya maupun Fraksi. “Ini akan memperkuat posisi Zulhas di kabinet jika kinerja Fraksi bisa solid dan empower,” imbuh Dedi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Zulhas menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Dalam waktu yang sama, eks Panglima TNI Marsekal (Purnawirawan) Hadi Tjahjanto ditunjuk menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Sofyan Djalil. (dan)

Exit mobile version