Soal Koalisi, Demokrat Masih Amati hingga Pendaftaran Capres

demokrat

Logo Partai Demokrat. Foto: demokrat.or.id

INDOPOS.CO.ID – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas menyatakan, penjajakan koalisi pemilihan umum (Pemilu) 2024 masih terbuka dengan sejumlah partai politik (parpol), tidak hanya difokuskan pada satu parpol tertentu.

“Saya yakin komunikasi politik tidak bisa berhenti ke satu dua partai, kita ketahui dari masa periode periode,” kata Ibas di Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Menurutnya penjajakan koalisi ke banyak partai itu diperlukan, untuk membangun kekuatan besar koalisi pada pesta demokrasi lima tahunan. Termasuk dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Koalisi besar pun dibutuhkan. Karena setelah terjadinya pemerintahan di akan datang, tentu koalisi-koalisi membutuhkan tenaga dan energi lebih luas,” ujar Ibas.

Ilustrasi Pemilu. (Ist)

Ia menambahkan, penggabungan parpol menghadapi Pemilu 2024 bakal kemungkinan terjadi menjelang akhir pendaftaran calon presiden dan wakil presiden. Karenanya masih terlalu dini mengungkap kerja sama antarparpol.

“Semua masih misteri dan masih cair, dan kita lihat di hari-hari terkahir dalam pendaftaran nantinya,” ucap Ketua Fraksi Demokrat di DPR itu.

Berdasar laman resmi @dpr_ri, DPR dan KPU telah menyepakati tahapan tanggal pendaftaran dan pemilihan capres cawapres 2024.

Pendaftaran dan pemilihan capres cawapres akan dilakukan lebih awal, yakni pada 19 Oktober 2023-25 November 2023 untuk pendaftaran dan 14 Februari 2024 untuk pemilihan capres cawapres. (dan)

Exit mobile version