Pascagempa Cianjur, 108 Korban Luka Berat Masih Dirawat

Pascagempa Cianjur, 108 Korban Luka Berat Masih Dirawat - gempa cianjur1 1 - www.indopos.co.id

Salah satu rumah warga yang hancur akibat gempa di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Sabtu (26/11/2022). Foto: Dok BNPB for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengemukakan, total korban luka-luka pascagempa bumi Cianjur, Jawa Barat sejak awal kejadian berjumlah 7.729 orang, dengan rincian luka berat 545 orang, luka ringan 7.134 orang.

“Korban luka berat yang masih dirawat hingga saat ini sebanyak 108 orang,” kata Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan dalam jumpa pers virtual dari Ciannur

Sementara untuk korban luka ringan yang sudah tertangani sudah kembali ke rumah masing-masing. Selanjutnya jumlah akumulasi warga mengungsi sebanyak 73.693 orang.

Saat ini, BNPB bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) dan UNFPA telah melakukan survei data pengungsi terpilah untuk mengetahui distribusi usia, jenis kelamin, dan kelompok rentan di pos pengungsian.

Korban meninggal dunia pascagempa bumi yang mengguncang Kabupaten Cianjur menjadi 318 orang. Data tersebut disampaikan pada hari ini pukul 17.00 WIB.

Tim gabungan berhasil menemukan delapan jiwa yang sebelumnya dinyatakan hilang. Sementara itu, dua warga ditemukan jasadnya pada Jumat kemarin, teridentifikasi merupakan warga Desa Cijedil termasuk dalam korban hilang, sehingga jumlah korban hilang yang sebelumnya 24 berkurang menjadi 14 orang.

“Dua warga yang ditemukan jasadnya di Warung Sinta pada Jumat (25/11/2022 kemarin merupakan warga Desa Cijedil yang termasuk dalam data orang hilang, sehingga hingga saat ini korban yang dinyatakan masih hilang berkurang menjadi 14 orang,” beber Fajar Setyawan.

BNPB kembali mengirimkan dan mendistribusikan bantuan logistik berupa tenda pengungsi sebanyak 30 unit, tenda gulung 1.000, sembako 2.000 paket, selimut 5.000, matras 5.000 dan hygiene kits 2.000. (dan)

Exit mobile version