Jokowi Belum Tentukan Sosok Menko Polhukam Pengganti Mahfud MD

Presiden-RI-3

Presiden Joko Widodo menyampaikan, keterangannya soal sosok pengganti Mahfud MD untuk mengisi jabatan Menko Polhukam. ( YouTube Sekretariat Presiden)

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum menentukan sosok yang akan mengisi jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), setelah Mahfud MD mengundurkan diri pada, Kamis (1/2/2024) kemarin. Ia meminta diberikan waktu mempertimbangkannya.

“Belum. Beri waktu sehari, dua hari tiga hari. (Pengunduran diri) baru kemarin sore,” kata Jokowi usai menghadiri kongres XVI Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/2/2024).

Ia bahkan belum bisa memastikan apakah nantinya akan menunjuk Menko Polhukam definitif atau menunjuk menteri sementara (ad interim). Hal tersebut biarkan waktu yang menjawabnya. “Ya, nanti dilihat,” ucap Jokowi.

Pihak Istana segera menyiapkan surat keputusan presiden (keppres) terkait hal tersebut. “Ya kemarin sudah menyampaikan surat pengunduran diri kepada saya, dan pagi hari ini keppresnya kita siapkan,” ujar mantan Gubernur DKI periode 2012-2014 itu.

Mahfud MD telah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (1/2/2024). “Tentang kelanjutan saya sebagai Menko Polhukam. Intinya saya ajukan permohonan berhenti,” ucap Mahfud MD secara terpisah di Jakarta kemarin.

Ada tiga poin dalam surat tersebut. Poin pertama, mengenai ucapan terima kasih kepada Jokowi yang telah mengangkatnya sebagai Menko Polhukam sejak 23 Oktober 2019 lalu.

Surat Keputusan (SK) pengangkatan dirinya sebagai Menko Polhukam diserahkan Jokowi dengan penuh penghormatan. “Saya secara resmi dan penuh hormat menyatakan minta berhenti. Isi kedua, substansi surat permohonan berhenti,” cetusnya.

Poin ketiga, menyampaikan permohonan maaf jika kinerja kurang optimal. “Ketiga, saya mohon maaf ke beliau (Jokowi) kalau ada masalah yang kurang baik,” jelas Mahfud MD. (dan)

Exit mobile version