Banjir Kudus Telan Korban Jiwa, 7 Tenggelam dan 1 Orang Tersetrum

Banjir-Kudus

Tim Gabungan sedang mengevakuasi warga terdampak banjir di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (Dok. BPBD Kabupaten Kudus)

INDOPOS.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus melaporkan, tujuh warga meninggal dunia imbas bencana banjir merendam Kabupaten Kudus, Jawa Tengah sejak Kamis (14/3/2024).

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Kudus Munaji mengatakan, sebagian besar korban meninggal dunia akibat bencana tersebut. Sementara korban lainnya akibat insiden tegangan listrik.

“Tenggelam enam dan keseterum saat banjir satu,” kata Munaji dalam keterangan BNPB, Selasa (19/3/2024).

Rinciannya satu orang tenggelam dan terperosok di Persawahan Temulus, tiga orang tenggelam di Persawahan Kirig, satu orang tenggelam di dekat tanggul Sungai dan satu orang terseterum listrik saat berada di sekitar tiang listrik yang tergenang banjir.

“Satu orang tenggelam di Persawahan Dukuh Goleng pada hari ini pukul 16.00, sehingga 7 orang meninggal akibat banjir,” beber Munaji.

Banjir masih menggenangi lima kecamatan yang ada di Kabupaten Kudus, antara lain Kecamatan Mejobo, Jati, Undaan, Jekulo dan Kaliwungu.

Peristiwa tersebut berdampak pada 13.586 KK / 39.272 jiwa dan 1.287 KK / 4.188 jiwa di antaranya mengungsi ke tempat pengungsian dan ke rumah kerabat yang lebih aman. Selain itu 6.523 unit rumah warga dan 2.295 hektar sawah turut terendam banjir.

BPBD Kabupaten Kudus beserta tim gabungan masih melakuan evakuasi dan monitoring di lokasi terdampak, menyalurkan kebutuhan logistik bagi warga, pendampingan psikososial dan penanganan medis bagi warga yang membutuhkan. (dan)

Exit mobile version