Kebakaran Hutan di Pulau Yunani, Maskapai TUI Jerman Batalkan Semua Penerbangan

Kebakaran-hutan-Yunani

Kebakaran hutan terjadi di Pulau Rhodes dan Corfu, Yunani akibat cuaca panas ekstrem melanda negara itu. Foto: Sky News.

INDOPOS.CO.ID – Perusahaan maskapai TUI telah membatalkan semua penerbangan ke Pulau Rhodes, hingga Jumat (28/7/2023) karena kebakaran hutan terus berkobar di pulau Yunani.

Sebanyak 10.000 warga Inggris diperkirakan berada di Pulau Rhodes, yang dilanda kebakaran, memaksa banyak orang untuk tidur di sekolah, bandara, dan pusat olahraga.

Ratusan wisatawan kini telah mendarat kembali di Inggris, dengan lebih banyak penerbangan repatriasi akan dilakukan.

“Kami telah membatalkan semua penerbangan keluar ke Rhodes hingga Jumat 28 Juli, dan juga telah membatalkan semua penerbangan keluar untuk pelanggan yang bepergian ke hotel yang terkena dampak hingga Minggu 30 Juli,” kata seorang juru bicara TUI Jerman seperti dilansir Sky News, Selasa (25/7/2023).

“Semua pelanggan akan menerima pengembalian uang penuh. Pelanggan paket liburan akan memiliki opsi untuk mengubah pemesanan mereka atau membatalkan dengan pengembalian uang penuh. Penumpang yang akan melakukan perjalanan hingga Minggu 30 Juli untuk semua wilayah Rhodes akan ditawarkan perubahan bebas biaya untuk liburan lain atau opsi untuk membatalkan untuk pengembalian dana penuh,” katanya.

Upaya repatriasi dilakukan karena banyak orang terpaksa menghabiskan akhir pekan dengan tidur nyenyak di pantai, kursi berjemur, atau di jalanan saat kebakaran hutan berkobar di Rhodes.

Evakuasi laut juga dilakukan di sebuah pantai di Corfu untuk mengangkut orang-orang yang melarikan diri dari kebakaran hutan di pulau Yunani itu.

Seorang ibu Inggris menceritakan cobaan yang mengerikan ketika dia dievakuasi dari sebuah hotel Rhodes yang telah terbakar, dengan pasangannya dan putrinya yang berusia dua tahun.

Perdana Menteri Rishi Sunak telah mendesak wisatawan yang terdampak kebakaran hutan di Rhodes untuk tetap berhubungan dengan operator tur. Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly mengatakan Tim Penyebaran Cepat Kantor Luar Negeri dan responden Palang Merah berada di Rhodes untuk mendukung rakyat Inggris.

Pakar kebakaran hutan dari Universitas Swansea mengatakan tanah yang dikelola dengan buruk dan efek perubahan iklim telah menciptakan lanskap yang lebih mudah terbakar di pulau-pulau Yunani

TUI mengatakan empat penerbangan repatriasi sudah mulai membawa pulang pelanggan, dengan penerbangan kelima direncanakan besok pagi.

“Semua penerbangan yang tersedia pada pengembalian terjadwal akan digunakan,” tambah juru bicara maskapai.

Sementara itu, Jet2 mengatakan melakukan penerbangan repatriasi pertamanya dari Rhodes ke Inggris pada Minggu malam dengan 95 penumpang dibawa ke Bandara Leeds Bradford.

Operator tur mengonfirmasi akan mengoperasikan tiga penerbangan repatriasi lagi dari Rhodes untuk membawa pelanggan kembali ke Inggris malam ini.

Penerbangan ke Manchester akan memiliki 220 kursi, sedangkan penerbangan ke Bandara Leeds Bradford dan Birmingham masing-masing akan memiliki 189 kursi.

EasyJet mengatakan sedang melakukan dua penerbangan repatriasi dari pulau itu pada hari Senin, selain sembilan penerbangan yang telah mereka operasikan antara Rhodes dan Inggris, menyediakan 421 kursi tambahan untuk mengeluarkan orang.

Sementara itu, evakuasi laut dari Corfu melibatkan enam kapal penjaga pantai dan sembilan kapal swasta, dengan sekitar 59 orang dievakuasi dari Pantai Nissaki di pantai barat laut, kata penjaga pantai tersebut. (dam)

Exit mobile version