Selamat Hari Kebangsaan Malaysia ke-66, Hubungan Bilateral dengan Indonesia Sangat Erat

Selamat Hari Kebangsaan Malaysia ke-66, Hubungan Bilateral dengan Indonesia Sangat Erat - menaker - www.indopos.co.id

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI Ida Fauziyah bersama Dubes Malaysia untuk Indonesia Dato' Syed Md Hasrin Tengku Hussin saat membacakan Selamat Hari Kebangsaan Malaysia yang ke-66 di St Regis, Jakarta Selatan. Foto: Feris Pakpahan/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI Ida Fauziyah mewakili Pemerintah Indonesia dan seluruh Rakyat Indonesia, dengan penuh rasa hormat menyampaikan ucapan Selamat Hari Kebangsaan Malaysia yang ke-66 kepada seluruh rakyat Negeri Jiran.

Dalam momen bersejarah ini, Ida ingin mengungkapkan harapannya, sekaligus mendoakan semoga Malaysia, para Pemimpin Malaysia, dan rakyat Malaysia senantiasa mendapat perlindungan dan berkah dari Tuhan.

“Kami berharap agar bangsa dan negara Malaysia senantiasa meraih kedamaian, kemakmuran, dan keamanan yang utuh. Saat ini, Indonesia dan Malaysia menjalin hubungan yang sangat erat,” katanya, saat mewakili Pemerintah Indonesia menyampaikan sambutan pada acara 66th National Day of Malaysia di Jakarta Selatan, Kamis (31/8/2023) malam.

Menurutnya, pada sektor ekonomi, perdagangan, dan investasi, Malaysia menjadi mitra perdagangan terbesar kedua bagi Indonesia, dengan jumlah investasi terbesar kelima di kawasan ASEAN pada 2022.

Kedua negara juga aktif berkolaborasi dalam kerangka kerja Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dan Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP EAGA) dalam konteks sub-regional.

“Kami melihat komitmen kuat dalam memperkuat hubungan ini melalui kunjungan tingkat kepala negara. Pada Januari 2023, Perdana Menteri Dato’ Seri Haji Anwar bin Ibrahim berkunjung ke Indonesia, sebuah pertemuan yang sukses dengan komitmen meningkatkan kerja sama lintas berbagai bidang serta penyelesaian beberapa isu perbatasan,” ujarnya.

Sebelumnya, lanjut Ida, kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Putrajaya pada Juni 2023 lalu menjadi momentum penandatanganan beberapa perjanjian dan Memorandum of Understanding (MoU) dalam berbagai bidang, termasuk perjanjian tentang batas maritim di sebagian segmen, perjanjian di wilayah perbatasan Sabah, Sarawak, dan Kalimantan seperti Border Crossing Agreement (BCA) dan Border Trade Agreement (BTA), serta kerja sama dalam pengakuan Sertifikasi Halal dan promosi investasi.

“Kami meyakini bahwa dalam situasi yang penuh dinamika dan tantangan ini, hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia tetap kokoh, didukung oleh komitmen bersama untuk meningkatkan kerja sama lintas sektor,” pungkasnya.

Perayaan 66th National Day of Malaysia dipimpin langsung Duta Besar (Dubes) Malaysia untuk Indonesia Dato’ Syed Md Hasrin Tengku Hussin. Turut hadir pula Wakil Presiden RI Periode 2004-2009 dan 2014-2019 HM Jusuf Kalla, sejumlah undangan, dan beberapa pejabat negara tetangga. (fer)

Exit mobile version