Masyarakat Kota Tangerang Diimbau Waspadai Pohon Tumbang

pohon

Petugas Pertamanan Kota Tangerang memotong ranting pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang Minggu (26/2/2023) malam hingga Senin (27/2/2023) pagi. Foto: Humas Pemkot Tangerang.

INDOPOS.CO.ID – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Tangerang dan sekitarnya sejak Minggu (26/2/2023) hingga Senin (27/2/2023) pagi menyebabkan sedikitnya 14 pohon tumbang.

Karena itu, masyarakat Kota Tangerang dan seluruh pengendara diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbubdpar) Kota Tangerang, Rizal Ridolloh mengungkapkan ada 14 titik pohon tumbang yang ditangani jajaran Bidang Pertamanan.

“Sejak malam, petugas sudah turun siap siaga melakukan penanganan pohon tumbang, dengan menggunakan alat berat dan puluhan personel. Kini pohon tumbang telah selesai ditangani,” ujar Rizal.

Guna mengantisipasi risiko pohon tumbang, warga Kota Tangerang diimbau untuk selalu waspada dan lebih berhati-hati.

Ia mengimbah warga untuk menghindari berteduh di bawah pohon yang rimbun saat hujan disertai angin kencang terjadi.

“Diimbau waspada, dan berhati-hati saat berkendara ketika melintas di bawah tiang listrik, tiang rambu lalu lintas, hingga billboard. Selain itu, waspada akan pohon tumbang saat berkendara, berhentilah sejenak di tempat yang aman ketika hujan lebat disertai angin,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kota Tangerang, Maryono Hasan mengungkapkan pohon tumbang yang ditangani BPBD terdapat di 7 tujuh lokasi.

Titik lokasi pohon tumbang itu antara lain di samping Pondok Selera 2, Jalan Bugel Indah, Cimone, Karawaci.

Setelah itu, Jalan Tengah Taman Potret Babakan; Jalan Nagrak Periuk, Situ Bulakan Periuk dan lainnya.

Kondisinya, kata Maryono sudah ditangani dan lalu lintas sudah kembali normal.

Sedangkan untuk genangan dan banjir tercatat terjadi di 16 lokasi dengan ketinggian 15 cm hingga 60 cm.

Di antaranya, Underpass Taman Cibodas, Komplek Karang Tengah, Jalan Gempol Kunciran dan beberapa wilayah lainnya.

Selain itu, ada sebuah rumah rusak berat akibat angin kencang di Jalan Duta Komplek Peruri RT.005/09, Sudimara Timur, Ciledug dan rumah rusak berat akibat pohon tumbang di Jalan Kampung Jati Baru RT.001/07, Jurumudi Baru, Benda.

“Ada baiknya, jika hujan lebat disertai angin kencang, berteduh di dalam ruangan, hindari pohon rimbun atau besar, jauhi tiang listrik hingga hindari lapangan terbuka. Jika membutuhkan perbantuan atau informasi kegawatdaruratan masyarakat bisa melalui layanan call center 112 atau nomor piket 24 jam BPBD di 021-5582144,” jelasnya. (dam)

Exit mobile version