Peresmian HUT Ke-496 Kota Jakarta, Pj. Gubernur Heru Dorong Upaya Jaga Ekosistem dan Lingkungan

pj

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri kegiatan peresmian HUT DKI Jakarta ke 496. Foto: Pemprov DKI

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Peresmian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Kota Jakarta sebagai penanda dimulainya rangkaian acara memperingati hari ulang tahun kota ini.

Peresmian HUT ke-496 Kota Jakarta dipimpin oleh Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan dihadiri oleh jajaran Pemprov DKI Jakarta, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta, serta anggota DPD RI perwakilan DKI Jakarta Sylviana Murni, di Silang Utara Monas, Gambir, Jakarta Pusat, pada Minggu (21/5/2023).

Pj. Gubernur Heru memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan peresmian tersebut yang menggambarkan hubungan yang erat dengan alam, dan menunjukkan perhatian DKI Jakarta terhadap pelestarian lingkungan dan ekosistem.

“Menggunakan simbol-simbol alam dalam acara tersebut melambangkan keterbukaan. Ini menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah (DKI) terbuka bagi seluruh warga Jakarta dan seluruh masyarakat Indonesia, termasuk pejabatnya, untuk menerima keluhan dan masukan dari masyarakat,” katanya Minggu (21/5/2023).

Menurutnya, keberlangsungan Jakarta dengan bertambahnya usia kota tersebut, selain memajukan pembangunan manusia dan infrastruktur, juga harus diseimbangkan dengan pemeliharaan ekosistem dan lingkungan.

“Kita harus akrab dengan alam semesta, maka ini memang patut kita lindungi. Lalu, kita manusia tidak lepas dari ekosistem. Seperti yang saya sampaikan tadi, kita menanam pohon untuk menjaga kelangsungan sebuah kehidupan. Lalu, hari ini kita melepas 496 burung. Ini memiliki makna yang dalam yang ada di lingkungan kita,” tambah Pj. Gubernur Heru

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Heru turut mengimbau seluruh lapisan masyarakat Jakarta untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam menjaga kota, sehingga terus maju dan berkembang sebagai kota global yang menjadi karya Nusantara.

“Kita wajib melestarikan alam yang hari-hari berikutnya penuh dengan perubahan iklim, di mana pemerintah daerah harus akrab dengan perubahan iklim. Maka, hari ini saya menyampaikan kepada seluruh pejabat DKI serta warga, makna itu harus kita camkan di jiwa kita dan di tubuh kita,” pungkas Pj. Gubernur Heru. (fer)

Exit mobile version