Kembangkan TKM, Dukung Peningkatan UMKM

tkm

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi. Foto: dok Kemnaker

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sebagai pelaksana dari bidang ketenagakerjaan sangat peka terhadap segala perubahan dan tantangan di bidang ketenagakerjaan yang dihadapi oleh masyarakat.

“Dengan kepekaan itulah, kita bisa secara tepat memberikan rekomendasi dan solusi dari segala permasalahan ketenagakerjaan di masyarakat,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi dalam keterangan, Selasa (8/3/2022).

Ia mengatakan, Kemnaker mendukung pengembangan UMKM. Salah satunya melalui pengembangan program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) pada sektor informal.

“Ini untuk mendorong tenaga kerja, agar mampu menciptakan lapangan kerja,” katanya.

Lebih jauh dia mengungkapkan, Kemnaker dan Bank Indonesia meningkatkan kapasitas tenaga kerja mandiri, khususnya yang berkaitan dengan pencatatan laporan keuangan secara digital.

“Kami apresiasi adanya kolaborasi antara Kemnaker dengan Bank Indonesia, terutama untuk memberikan kapasitas bagi pelaku usaha yang tergabung dalam TKM agar dapat melakukan pencatatan keuangannya secara digital,” tuturnya.

Pada tahun ini, Anwar menyebut, Kemnaker dan Bank Indonesia telah menjalin kerja sama melalui pelatihan pencatatan keuangan menggunakan aplikasi SIAPIK yang diikuti oleh 800 orang peserta TKM.

Dia menginginkan agar kerja sama terus diperluas cakupannya, sehingga tiap pelaku TKM dapat menggunakan aplikasi SIAPIK.

“Kami akan dorong TKM yang ada saat ini, memiliki kapasitas literasi digital dan bisa bersaing di era globalisasi,” ucapnya. (nas)

Exit mobile version