Kedaulatan Digital, Pemerintah Usung Arus Data Lintas Batas Negara

menkominfo

Menkominfo Raker bersama Komisi I DPR RI. (dok Kominfo)

INDOPOS.CO.ID – Melalui Presidensi G20 Indonesia, pemerintah mengangkat tiga agenda prioritas yakni arsitektur kesehatan global yang inklusif, transformasi berbasis digital dan transisi energi berkelanjutan. Pada agenda prioritas kedua, Kementerian Kominfo mengusung tiga isu prioritas melalui Digital Economy Working Group (DEWG).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi I DPR RI menuturkan, DEWG merupakan working grup di bidang digital untuk pertama kalinya dilaksanakan di G20 Summit. Sebelumnya, DEWG sendiri dikenal sebagai Digital Economy Task Force (DETF).

“Elevasinya dilakukan pada saat Presidensi G20 tahun lalu di Italia, sehingga DEWG adalah pertama kali dilakukan di Indonesia. Untuk itu, Kementerian Kominfo diberikan tugas sebagai pengampu DEWG,” jelas Johnny G Plate di Senayan, Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Menurut dia, selain sebagai pengampu DEWG untuk pembahasan antar negara terkait isu digital, Kementerian Kominfo juga melakukan streamlining pembahasan isu-isu digital, baik melalui lintas working group maupun lintas engagement group.

“Ada 12 working group dan 10 engagement group, maka pada rangkaian kegiatan DEWG kali ini Indonesia mengangkat tiga isu prioritas yakni konektivitas dan pemulihan pascapandemi Covid-19, kecakapan digital dan literasi digital, dan arus data lintas negara serta arus data secara terpercaya,” bebernya.

Ia menegaskan, seluruh anggota G20 dalam DEWG mendukung pembahasan tiga isu tersebut. Sebab relevan dengan upaya pemulihan dunia dari pandemi Covid-19 secara lebih kuat melalui optimalisasi pemanfataan teknologi digital.

“Karena kita sama-sama mengetahui bahwa tagline Presidensi G20 Indonesia adalah Recover Together, Recover Stronger,” tegasnya.

Kepada pimpinan dan anggota Komisi I DPR RI, dikatakan dia, pelaksanaan G20 Summit yang diselenggarakan November 2022, Kementerian Kominfo juga menyiapkan G20 Digital Innovation Network dan Digital Transformation Expo.

“Tentu kita berharap dan mari kita dukung bersama-sama dua kegiatan Presidensi G20 Indonesia nanti, yaitu G20 Digital Innovation Network dan Digital Transformation Expo,” ungkapnya. (nas)

Exit mobile version