Psikolog Sebut Metode Healing Bantu Atasi Kecanduan Narkoba

narkoba

Ilustrasi pengguna narkoba. (Ist)

INDOPOS.CO.ID – Pengguna narkoba yang ingin sembuh, biasanya melakukan rehabilitasi atau menjauhkan diri dari narkoba. Salah satunya, dengan detoksifikasi atau membuang racun dalam tubuh.

Psikolog klinis dewasa dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Nirmala Ika mengatakan, solusi keluar dari jeratan penyalahgunaan narkoba, yaitu melakukan rehabilitasi untuk mengatasi zat-zat yang ada di dalam tubuh.

“Kalau sudah candu rehab memang harus dilakukan detok ya karena tubuh. Juga sudah minta zat itu akhirnya sehingga perlu dibersihkan,” ujar kata Nirmala melalui gawai, Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Upaya lainnya yang dapat dilakukan ialah, manajemen stres secara mandiri. Bisa juga melakukan healing atau penyembuhan diri yang berkaitan banyak hal, terutama terkait kesehatan mental seseorang.

“Secara psikologis perlu dikelola atau bahasa sekarang perlu healing, untuk mengelola luka apa ada yang menimbulkan rasa sakit itu,” ujae Nirmala.

Sebab secara psikologis salah satu faktor pemicu orang menggunakan narkoba ialah untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dalam hidupnya.

Namun, healing tersebut memperlukan pendamping khusus untuk melewati masa penyembuhan dari ketergantungan terhadap narkoba.

“Healing ini perlu dibantu tenaga profesional ya, bukan cuma sekedar jalan-jalan ke pantai atau gunung seperti yang belakangan ini disebut-sebut sebagai healing,” cetus Nirmala.

Hal tersebut seraya menanggapi maraknya kasus narkoba yang menjerat publik figure. Di antaranya vokalis band Sisitipsi Fauzan Lubis terseret kasus narkoba. Terbaru gitaris band Geisha, Roby Satria. (dan)

Exit mobile version