173 Kabupaten/Kota Belum Dapat Layanan Siaran Televisi

Set Top Box

Distribusi Set Top Box (STB) oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Foto: Dokumentasi Kominfo

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan program Analog Switch Off (ASO) tahap 1 berjalan dengan baik. Sedikitnya 5.007 unit Set Top Box (STB) di Provinsi Riau.

“Kami bersama penyelenggara multiplexing (MUX) berupaya memastikan suksesnya migrasi siaran TV analog ke digital di 2022 ini,” ujar Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang di Jakarta, Senin (28/3/2022).

Ia mengatakan, 33 hari lagi sudah memasuki tahap 1 ASO. Distribusi Set Top Box (STB) diberikan kepada masyarakat kurang mampu.

“Kami pastikan kesiapan teknis jelang ASO tahap I terus dilakukan, baik dari Kementerian Kominfo, mitra strategis penyelenggara multipleksing, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah hingga Dinas Kominfo daerah,” katanya.

Menurut dia, kesuksesan program ASO merupakan penanda bahwa Indonesia siap memasuki era baru. Menjadi kesempatan untuk segera beralih dan bermigrasi ke TV digital. Sehingga, masyarakat bisa menyaksikan tayangan televisi yang lebih bermutu, lebih berisi dan lebih berbobot dari penyelenggara siaran.

“Upaya ini merupakan amanat undang-undang adalah penanda bagi kita memasuki satu era baru dan masyarakat dituntut untuk menjemput perubahan itu,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, ada 112 wilayah siaran dan 341 kabupaten/kota yang mengalami dampak langsung dari migrasi TV analog ke migrasi TV digital. Dari total 225 wilayah layanan siaran di 514 kabupaten/kota, masih terdapat 113 wilayah siaran dan 173 kabupaten/ kota yang belum tercakup ASO.

“Artinya, di wilayah-wilayah tersebut belum terdapat layanan siaran televisi terestrial. Ini menjadi tantangan besar untuk kita,” terangnya.

“Dan pembagian STB sebanyak 5.007 unit untuk Provinsi Riau ini merupakan upaya kami mengatasi tantangan tersebut,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version