Elektabilitas 30 Persen, Ganjar Ungguli Anies dan Prabowo

Gubernur-ganjar

Ganjar Pranowo Foto: Pemprov Jateng for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Nama Ganjar masih berada di urutan teratas dari sepuluh nama calon presiden (Capres) 2024 mendatang. Pernyataan tersebut diungkapkan Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC) Rio Prayogo di Jakarta, Minggu (24/7/2022).

Dari hasil lembaga survei PRC, menurut dia, Ganjar memperoleh elektabilitas 30 persen, jauh diatas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 23,8 persen dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 20,8 persen.

“Pada simulasi 10 nama, Ganjar unggul sangat jauh berada di atas Anies, Prabowo, dan nama-nama lainnya,” bebernya.

Data lain pada simulasi top of mind, masih ujar dia, Ganjar juga berada di urutan teratas dengan perolehan 23,7 persen. Disusul Anies dan Prabowo di belakangnya.

“Dari aspek elektabilitas top of mind, Ganjar mendapat perolehan 23,7 persen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 18,7 persen, kemudian Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 17,9 persen,” ungkapnya.

Untuk survei top of mind ini, para responden ditanya pertanyaan terbuka: ‘Seandainya pemilihan Capres-Cawapres dilaksanakan hari ini, siapa yang paling layak dipilih sebagai Capres dan Cawapres?’ Hasilnya menunjukkan elektabilitas Ganjar yang unggul dengan marjin yang cukup lebar di atas.

Ganjar juga berada di posisi teratas dalam simulasi 3 nama. Pada simulasi tersebut terdapat dua model survei yang dilakukan dengan hasil perolehan Ganjar sebanyak 34,6 persen dan 46,8 persen.

Survei PRC dilakukan pada 12 Juni 2022 hingga 3 Juli 2022 dan diikuti 1.200 responden di seluruh Indonesia melalui wawancara telfon.

Pengambilan sampel menggunakan metode multi-stage random sampling terhadap populasi nasional dengan tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error sebanyak 2,74 persen.(nas)

Exit mobile version