PMI Kabupaten Tangerang Siaga Hadapi Kedaruratan Bencana Alam

PMI-Kabupaten-tangerang

PMI Kabupaten Tangerang, Banten, terus berupaya meningkatkan pelayanan terkait kesiapsiagaan menghadapi kedaruratan bencana alam. (Foto : Pemkab Tangerang)

INDOPOS.CO.ID – Kepala Markas PMI Kabupaten Tangerang, Suratno mengatakan, berbagai pelayanan kemanusiaan disiapkan, antara lain, memberikan pelatihan kepada setiap personel untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan.

“Untuk persiapan menghadapi kedaruratan bencana kita akan melakukan pelatihan gabungan dengan BPBD Kabupaten Tangerang,” katanya, Selasa (11//10/2022).

Selain itu, kata Suratno, sarana dan prasarana kelengkapan mitigasi bencana juga disiapkan seperti perahu karet, mobil ambulans, mobil tangki air bersih, perlengkapan dapur umum dan logistik.

“Termasuk pelayanan informasi kedaruratan kita siaga selama 24 jam. Dan kita juga sudah bentuk relawan PMI di 12 Desa yang ada di Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Sejauh ini PMI Kabupaten Tangerang telah memiliki basis kekuatan yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan seperti tenaga sukarelawan (TSR), siaga bencana berbasis masyarakat (SIBAT), dan plang merah remaja (PMR), KSR.

“Untuk jumlah relawan kita banyak yang tersebar di 29 kecamatan,” tuturnya.

Berbagai pelayanan kemanusiaan oleh PMI baik penanggulangan bencana, pelayanan kesehatan, donor darah, bantuan sosial tersebut telah dilakukan oleh pihaknya.

Adapun data layanan sepanjang bulan Oktober 2022 ini, pihaknya juga telah merespon dan menerima sebanyak 13 laporan kebencanaan diantaranya banjir, longsor, dan kebakaran.

“Sejauh ini kita telah menerima 13 laporan seperti banjir, longsor dan kebakaran. Tapi secara umum laporan kebanyakan terkait bencana banjir,” ungkapnya.(mg18)

Exit mobile version