Sekjen Kemnaker: Transformasi BLK untuk Perkuat Pelatihan Vokasi

Kemnaker

Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi. Foto: Kemnaker for INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Program transformasi Balai Latihan Kerja (BLK) untuk memperkuat pelatihan vokasi. Dan ini sebagai program unggulan untuk meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia) di Indonesia.

Pernyataan tersebut diungkapkan Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi dalam keterangan, Rabu (19/10/2022).

Ia menuturkan, Transformasi Balai Latihan Kerja merupakan satu dari 9 Lompatan Besar Kemnaker. Saat ini Kemnaker tengah mengimplementasikan 9 Lompatan Besar Kemnaker tersebut untuk merespons tantangan dan kondisi ketenagakerjaan.

“Transformasi Balai Latihan Kerja ini menjadikan BLK sebagai pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang memiliki daya saing di tingkat Nasional dan Internasional,” ungkapnya.

Dalam mentransformasi BLK, menurut Anwar, Kemnaker melakukan 6 hal atau yang dikenal dengan strategi 6R. Di antaranya reformasi kelembagaan, redesain substansi pelatihan, reorientasi SDM, relationship, rebranding, dan revitalisasi.

“Proses Transformasi BLK harus memenuhi semua komponen 6R tersebut, sehingga dapat terwujud link and match antara sisi penyiapan SDM dengan kebutuhan SDM oleh industri,” terangnya.

“Untuk itu dalam link and match ini harus dalam sekali tarikan nafas, yaitu lembaga pelatihan harus bisa melatih, memberi sertifikat, dan penempatan,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version