Hoaks, Modus Pemerasan Berkedok Nomor HP Ketua KPK Firli Bahuri

KPK

Gedung Merah Putih KPK. (Dokumen KPK)

INDOPOS.CO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menerima informasi adanya modus pemerasan menggunakan sambungan telepon dengan mengatasnamakan Ketua KPK Firli Bahuri.

Kontak telepon tersebut bernomor 0881-7524-696 dengan memasang foto profil Firli Bahuri.

“KPK tegas meminta kepada pihak-pihak tesebut untuk segera menghentikan aksi yang telah meresahkan masyarakat ini. KPK juga mewanti kepada masyarakat untuk selalu waspada dan hati-hati atas banyaknya modus penipuan dan pemerasan, khususnya yang mengatasnamakan KPK,” tandas Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, Senin (6/3/2023).

“Kami pastikan bahwa mekanisme penanganan perkara di KPK dilakukan secara professional dan taat asas. Demikian halnya, dalam pemanggilan saksi atau pihak-pihak lain untuk permintaan keterangan maupun Informasi lainnya dilakukan melalui surat-menyurat resmi,” ungkap Ali.

“Begitu pun dalam konteks pelaksanaan tugas pencegahan korupsi maupun sosialisasi dan kampanye antikorupsi. KPK tidak memungut biaya dalam pelaksanaan tugas-tugas tersebut,” tambah Ali.

KPK mengimbau kepada masyarakat yang mengetahui adanya tindak penipuan maupun pemerasan serupa, untuk segera melaporkannya kepada KPK ataupun aparat penegak hukum lainnya agar bisa segera ditindak lanjuti.

“Masyarakat dapat menyampaikan laporannya melalui email pengaduan@kpk.go.id atau call centre KPK 198,” tutup Ali. (dam)

Exit mobile version