Pahala Nugraha Mansury Jadi Wakil Menteri Luar Negeri, Dulunya Bankir

Pahala Nugraha Mansury Jadi Wakil Menteri Luar Negeri, Dulunya Bankir - wamnelu - www.indopos.co.id

Pahala Nugraha Mansury menjabat Wakil Menteri Luar Negeri (kiri). Foto: YouTube Sekretariat Presiden

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sejumlah wakil menteri, dalam kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta pada Senin (17/7/2023). Salah satunya ialah Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri.

Jokowi mengambil sumpah jabatan wakil menteri yang dilantik. Para wakil menteri tersebut dilantik berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 32/M Tahun 2023, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju.

“Saya bersumpah bahwa, saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan, dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi mendiktekan sumpah jabatan di Jakarta, Senin (17/7/2023).

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” tambahnya.

Pahala Nugraha Mansury seorang ekonom dan bankir ternama yang sempat, menjabat Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN). Dia lahir di Bogor, 8 April 1971.

Pahala Nugraha menjabat Wakil Menteri BUMN I, sejak dilantik pada 23 Desember 2020 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 76/M Tahun 2020.

Pahala memang banyak berkecimpung di perusahaan BUMN. Sebelum menjabat Wamen BUMN I, ia merupakan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) periode 2019-2020.

Bahkan pernah menduduki posisi penting di perusahan BUMN. Ia tercatat pernah menjabat Direktur Keuangan PT Pertamina (2018-2019), Direktur Utama PT Garuda Indonesia (2017-2018, Direktur Treasury & Market PT Bank Mandiri (2015-2017), serta pengalaman profesional di berbagai konsultan internasional.

Jokowi turut melantik Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Nugraha Mansury, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria.

Selain itu, Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Paiman Rahardjo, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara I Rosan Perkasa Roeslani dan Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat. (dan)

Exit mobile version