Jokowi: Tantangan Pancasila ke Depan Semakin Global

Jokowi: Tantangan Pancasila ke Depan Semakin Global - lubang buaya - www.indopos.co.id

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta rombongan meninjau sumur Lubang Buaya. Foto: Setkab untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo mengungkapkan, bahwa ideologi Pancasila adalah pondasi bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan global saat ini. Seperti perubahan iklim, krisis pangan, krisis energi, resesi ekonomi, hingga disrupsi teknologi.

“Di tengah berbagai tantangan dan situasi itu, Indonesia tetap melangkah ke depan bersama-sama,” kata Jokowi di laman akun Twitter-nya, Minggu (1/10/2023).

“Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Seberat apapun tantangan dan rintangannya, dengan ideologi Pancasila sebagai pondasi, kita bergandeng tangan dan tetap bersatu menuju Indonesia maju,” imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (01/10/2023).

Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi bersama Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin memasuki tempat upacara di Monumen Pancasila Sakti.

Upacara diawali dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian Presiden selaku Inspektur Upacara menerima laporan dari Komandan Upacara bahwa upacara siap dilaksanakan.

Selesai upacara, Presiden dan Wakil Presiden beserta rombongan terbatas melakukan peninjauan ke sumur Lubang Buaya. (nas)

Exit mobile version