Tingkatkan Akreditasi LPKS, Kemnaker: Ciptakan Link and Match Dengan Industri

Sekjen-Kemnaker-2

Sekretaris Jenderal (Sekjen), Kemnaker Anwar Sanusi Foto: Kemnaker untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus meningkatkan skill dan kompetensi SDM (sumber daya manusia) melalui peran Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS). Plt. Dirjen Binalavotas, Kemnaker, Anwar Sanusi mengatakan, LPKS memiliki modal dasar untuk menghasilkan lulusan pelatihan yang profesional dan berdaya saing.

Karena, menurut dia, LPKS memiliki program pelatihan yang sesuai kebutuhan industri, sarana dan prasarana, instruktur dan tenaga pengelola pelatihan yang kompeten. Dan memiliki jejaring dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

“Kehadiran LPKS memberikan dampak yang sangat luar biasa dalam pengembangan SDM Indonesia,” ujar Anwar Sanusi dalam keterangan, Senin (16/10/2023).

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen), Kemnaker ini menambahkan, pihaknya mendorong kredibilitas dan penjaminan lembaga pelatihan kerja melalui akreditasi lembaga pelatihan kerja. Hal itu untuk menciptakan tenaga kerja terampil.

“Akreditasi merupakan proses pemberian pengakuan formal yang menyatakan bahwa suatu lembaga telah memenuhi persyaratan dalam melaksanakan pelatihan kerja,” terangnya.

Dia berharap, melalui akreditasi lembaga pelatihan kerja ini akan terbangun dan tercipta link and match dengan industri yang ada di sekitar lembaga pelatihan.

“Kejuruan pelatihan yang dikembangkan di lembaga pelatihan kerja ini tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja lokal,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version