Temui di KJRI Jeddah, Menaker: Tingkatkan Perlindungan Bagi PMI

ida

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menemui para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di KJRI Jeddah. Foto: Kemnaker untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Di sela-sela kunjungan kerjanya di Arab Saudi, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menemui para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di penampungan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah.

Kepada para pahlawan devisa negara tersebut, Ida Fauziyah menegaskan, komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan bagi PMI termasuk dalam konteks perluasan kesempatan kerja di luar negeri.

“Sistem perlindungan PMI tetap menjadi prioritas utama dalam upaya perluasan kesempatan kerja luar negeri, ” kata Ida Fauziyah dalam keterangan, Minggu (31/3/2024).

Dalam dialog singkat tersebut, Menaker Ida secara khusus memfokuskan perhatiannya pada proses monitoring implementasi skema Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK).

Ditegaskan melalui model penempatan tersebut, orang yang ingin bekerja ke luar negeri harus melalui syarikah atau perusahaan penempatan di Arab Saudi dan tidak boleh melalui perorangan.

“Dalam konteks ini, kami berkomitmen untuk memastikan skema SPSK dijalankan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Untuk melindungi hak dan kepentingan para pekerja migran Indonesia,” ujarnya.

Ida berharap kunjungannya ke penampungan KJRI Jeddah, bakal membawa dampak positif bagi peningkatan kondisi dan perlindungan para PMI di Arab Saudi. Dan memperluas kesempatan kerja bagi mereka di negara tersebut. (nas)

Exit mobile version