Al Muktabar Jadi Pj Gubernur Banten, Penggantinya di Sekda Diharapkan dari Asda

ojat

Moch Ojat Sudarjat,pengamat kebijakan publik Banten. Foto : Yasril/indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Pengamat Kebijakan Publik Banten Mochamad Ojat Sudrajat mengatakan, jika Al Muktabar ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Banten, maka secara otomatis jabatan JPT Madyanya akan kosong. Dengan demikian, akan diisi pejabat JPT Pratama yang ada di Banten sambil menunggu dilaksanakannya Seleksi Terbuka (Selter) untuk mendapatkan Sekda definitif.

Untuk mengisi jabatan Pj Sekda tersebut, diharapkan berasal dari pejabat senior di Banten atau Asisten Daerah (Asda), agar tidak terjadi kegaduhan. ”Tentu pak Al Muktabar sebagai Pj Gubernur akan arif dan bijaksana menentukan siapa yang akan diusulkan menjadi Pj Sekda,” ujar Ojat yang juga mantan Juru Bicara Al Muktabar ini kepada indopos.co.id, Selasa (10/5/2022)

Menurut Ojat, yang paling ideal untuk menduduki kursi Pj Sekda berasal dari Asda sebagai pejabat senior, dan sudah berpengalaman di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD). ”Justru kalau yang diusulkan menjadi Pj Sekda itu berasal dari kepala OPD, pasti akan muncul kegaduhan, kecemburuan dari kepala OPD lainnya,serta akan muncul tudingan adanya transaksional,” cetusnya tanpa merinci siapa yang layak duduk sebagai Pj Sekda Banten di antara tiga orang Asda tersebut.

“Itu silakan saja, siapa di antara tiga orang Asda itu nantinya yang akan diusulkan oleh Pj Gubernur menjadi Pj Sekda, sambil menunggu dilaksanakannya Selter JPT Madya,” sambungnya.

Ojat menambahkan, tidak ingin terulang kejadian seorang kepala OPD menjabat sebagai Plt Sekda, sehingga berpotensi terjadinya conflict of interest. ”Nanti kalau kepala OPD yang menjadi Pj Sekda, sama saja wasit ikut jadi pemain,” katanya.

Salah seorang sumber Indopos.co.id yang layak dipercaya di lingkungan Pemprov Banten mengungkapkan, saat tahu Al Muktabar berpotensi menjadi Pj Gubernur, ada kepala OPD yang berambisi dan mulai kasak kusuk meloby berbagai pihak yang dekat dengan Al Muktabar agar bisa ditunjuk sebagai Pj Sekda.

”Saya dengar ada seorang kepala OPD yang kini mulai kasak kusuk berambisi menjadi Pj Sekda,” ungkap seorang sumber indopos yang enggan ditulis namaya itu. (yas)

Exit mobile version