Polda Banten Selidiki Pekerja Migran asal Tangerang Meninggal Dunia di Arab Saudi

korban-PMI

Penyidik Kepolisian Daerah (Polda) Banten mendatangi kediaman korban pekerja migran Indonesia (PMI) di Kabupaten Tangerang yang meninggal di Arab Saudi. Foto: Dokumen Humas Polda Banten

INDOPOS.CO.ID – Satuan Tuga (Satgas) Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Banten merespons cepat informasi tentang meninggalnya seorang pekerja migran Indonesia (PMI) di Arab Saudi.

“Penyidik dipimpin Kepala Sub Direktorat Renakta Kompol (Komisaris Polisi) Herlia Hartarani mengeksplorasi informasi dengan mendatangi rumah korban di Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Banten Komisaris Besar (Kombes) Polisi Shinto Silitonga, Rabu (11/1/2023).

PMI bernama Marsih alias Jumhanah (42) dikabarkan meninggal dunia di Arab Saudi berdasarkan informasi dari adik korban bernama Cecep.

“Sekitar Juni 2022, korban berangkat ke Arab Saudi dan bekerja sebagai asisten rumah tangga, namun pada 5 Januari 2023 lalu dinyatakan meninggal dunia tanpa informasi pasti penyebabnya. Korban sendiri sudah 4 kali berangkat ke luar negeri, dan sempat pulang ke Indonesia pada Februari 2022. Keluarga mengharapkan bantuan pemerintah untuk mengembalikan jenazah korban untuk dimakamkan di Gunung Kaler dan hak-hak korban dibayarkan selama 6 bulan,” terang Cecep.

Dalam penyelidikan awal tersebut, Satgas TPPO Ditreskrimum Polda Banten telah meminta keterangan kepada orang tua, adik, dan anak korban.

“Hasil penyelidikan kemarin memang masih belum signifikan, sehingga dibutuhkan pendalaman kembali terhadap siapa pihak yang merekrut korban dan melalui P3MI (perusahaan penempatan pekerja migran Indonesia) mana korban berangkat ke luar negeri. Pendalaman akan dilakukan dengan berbagai pihak, seperti imigrasi, BP2MI, Kementerian Luar Negeri juga atase kepolisian yang ada di Riyadh untuk mendalami informasi ini,” terang Shinto.(yas)

Exit mobile version