Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Jayapura, 4 Orang Meninggal Dunia

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Jayapura, 4 Orang Meninggal Dunia - gempa jayapura - www.indopos.co.id

Kondisi bangunan rumah warga rusak pascagempa magnitudo 5,4 mengguncang Jayapura. Foto: Dokumen BPBD Jayapura

INDOPOS.CO.ID – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang Jayapura, Papua pada Kamis (9/2/2023). Akibat kejadian tersebut empat warga meninggal dunia.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Khalid mengatakan, keempat korban ditemukan dari puing bangunan cafetaria yang roboh oleh guncangan gempabumi.

Letak cafetaria tersebut berada diketahui di atas perairan di kawasan Kota Jayapura, sehingga proses evakuasi dilakukan oleh tim ahli untuk menyelam.

“Kafe ada yang roboh dan di situ ada empat meninggal. (Para korban) Ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh lalu (para korban) tertindih. Langsung jatuhnya ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir talud,” kata Asep dalam keterangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (9/2/2023).

Tim BPBD Kota Jayapura bersama lintas instansi terkait masih dalam pendataan lebih lanjut mengenai kerusakan maupun korban jiwa.

Sekaligus mendirikan tenda posko dan tenda darurat untuk evakuasi sementara.

“Kami di tim TRC sebagian memantau di lokasi. Kami di sini ada bangun posko untuk kita buat laporan. Selebihnya tim BPBD Provinsi Jayapura juga bantu tenda di RSUD,” ujar Asep.

Berdasarkan hasil monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pada pukul 13.28 WIB atau 15.28 WIT itu berpusat di 2.60 LS dan 140.66 BT di kedalaman 10 kilometer. (dan)

Exit mobile version