Jayapura Gempa, Warga Panik dan Pasien Rumah Sakit Dievakuasi

Jayapura Gempa, Warga Panik dan Pasien Rumah Sakit Dievakuasi - pengungsi gempa jayapura - www.indopos.co.id

Kondisi bangunan rumah warga rusak pascagempa magnitudo 5,4 mengguncang Jayapura. Foto: Dok BPBD Kota Jayapura

INDOPOS.CO.ID – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang Jayapura, Papua sempay membuat masyarakat panik dan dirasakan kuat beberapa detik. Kejadian itu terjadi pada, Kamis (9/2/2023).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Khalid  merasakan gempabumi susulan yang kembali terjadi.

“Gempabumi tadi dirasakan kuat selama 2-3 detik. Ini sekarang terasa guncangan gempa bumi sedang berjalan,” kata Asep dalam keterangannya, Kamis (9/2/2023).

Asep mengemukakan, beberapa bangunan seperti rumah, fasilitas umum dan fasilitas kesehatan mengalami kerusakan.

Beberapa pasien RSUD Kota Jayapura turut diungsikan ke halaman gedung untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan. “Keluar-keluar betul. Semuanya (pasien) di luar,” beber Asep.

Hasil monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pada pukul 13.28 WIB atau 15.28 WIT itu berpusat di 2.60 LS dan 140.66 BT di kedalaman 10 kilometer.

Apabila ditarik garis lurus, gempabumi dalam kategori dangkal itu memang hanya berjarak kurang lebih 1 kilometer Barat Daya dari Jayapura dan 6 kilometer Tenggara dari Kota Jayapura.

Berdasar data BMKG, wilayah Kota Jayapura dan sekitarnya diguncang gempabumi secara bertubi-tubi hingga sebanyak 1.055 kali sejak 2 Januari 2023 dan yang dirasakan oleh masyarakat ada 120 kejadian. (dan)

Exit mobile version