Sebastian Vettel Akan Pensiun dari Formula 1 Akhir Musim Ini

Sebastian-Vettel

Sebastian Vettel (kiri) berulang kali berlutut di samping Lewis Hamilton (kanan) memprotes ketidaksetaraan ras. Foto: skysports.com

INDOPOS.CO.ID – Pebalap Sebastian Vettel telah mengumumkan akan pensiun dari Formula 1 pada akhir musim 2022. Vettel memenangkan empat kejuaraan dunia berturut-turut antara 2010 dan 2013.

Lewis Hamilton memuji saingannya Sebastian Vettel karena mendukung kampanye antirasisme, setelah juara dunia empat kali itu mengonfirmasi bahwa dia akan pensiun dari Formula 1 pada akhir musim 2022 ini.

Vettel mengumumkan pada hari Kamis (28/7/2022) menjelang Grand Prix (GP) Hungaria akhir pekan ini. Ia akan menandatangani kontrak di Grand Prix Abu Dhabi mengakhiri musim pada bulan November 2022 mendatang, yang akan menandai balapannya yang ke-300.

Hamilton dan Vettel sama-sama melakukan debut F1 mereka pada 2007 dan berbagi 10 dari 13 kejuaraan dunia berikutnya mulai 2008 dan seterusnya.

Vettel berulang kali bersama Hamilton memprotes ketidaksetaraan rasial selama musim 2020, dan juga telah menjadi juru kampanye keras untuk masalah hak asasi manusia dan lingkungan lainnya.

“Tidak ada kekurangan keberanian di Sebastian,” kata Hamilton pada hari Kamis (28/7/2022) setelah sebelumnya memberikan penghormatan kepada Vettel di media sosial seperti dilansir Sky Sports News, Jumat (29/7/2022).

“Dia telah menjadi salah satu dari sangat sedikit pembalap dalam sejarah balap yang telah berdiri lebih dari dirinya sendiri. Dia menggunakan suaranya dalam hal-hal yang telah saya perjuangkan dan berdiri di samping saya, dia berlutut. Dia berjuang untuk hal-hal yang dia yakini, dan untuk kebaikan yang lebih besar,” tambahnya.

“Saya pikir dia hanya manusia yang sangat indah dan saya sangat bersyukur telah berada di sini pada saat dia balapan. Menonton kejuaraan dunianya sangat mengesankan. Saya sedih telah tiba hari ini dan melihat berita, tetapi saya tahu apa pun yang dia lakukan di luar ini akan menjadi lebih baik,” tutur Hamilton.

Setelah melakukan debutnya pada tahun 2007, Vettel kemudian memenangkan empat kejuaraan dunia berturut-turut untuk Red Bull antara 2010 dan 2013, yang membuatnya menjadi pemenang gelar termuda olahraga tersebut.

Pembalap Jerman berusia 35 tahun itu, menghabiskan enam musim bersama Ferrari setelah bergabung dengan tim Italia pada 2015. Ia akan menjalani sisa musim terakhirnya bersama Aston Martin.

Vettel saat ini berada di urutan ketiga dalam daftar pemenang Grand Prix sepanjang masa dengan 53 kemenangan. Hanya tertinggal dari Hamilton dan Michael Schumacher, sementara 13 kemenangannya pada tahun 2013 membuatnya terikat dengan Schumacher untuk kemenangan terbanyak dalam satu musim.(dam)

Exit mobile version