Deklarasi NasDem, Pengamat: Partai Gagal Melahirkan Pemimpin

Deklarasi NasDem, Pengamat: Partai Gagal Melahirkan Pemimpin - surya palo anies - www.indopos.co.id

Deklarai Bacapres 2024: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bersama Anies Baswedan. Foto: Tangkapan layar Instagram/@official_nasdem

INDOPOS.CO.ID – Pesan komunikasi politik oleh partai adalah untuk mewujudkan kepentingan politik. Karena, partai politik (parpol) adalah aktor politik.

Pernyataan tersebut diungkapkan Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing melalui gawai, Kamis (6/10/2022).

Sebelumnya, Partai NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres) 2024. Deklarasi tersebut, menurut dia, bertujuan untuk mendongkrak elektabilitas partai.

“Dengan deklarasi ini tentu menjadi perbincangan publik. Sehingga harapan partai, bisa menaikkan elektabilitas partai,” katanya.

Emrus mengatakan, secara hipotesis deklarasi ini bisa meningkatkan elektabilitas partai politik. Kendati pendeklarasian tersebut membuktikan Partai NasDem tidak memiliki kader partai yang layak di 2024.

“Jadi sederhana saja, tidak ada kader partai NasDem yang seperti Anies,” terangnya.

Menurut Emrus, masyarakat harus kritis melihat pendeklarasian Partai NasDem. Karena, sejatinya di internal NasDem ada kader yang layak diunggulkan di 2024.

“Di NasDem ada Surya Paloh dia kader yang unggul. Kenapa tidak dideklarasikan?” tegasnya.

“Seharusnya NasDem bisa melahirkan pemimpin. Jadi mereka gagal melahirkan pemimpin,” imbuhnya.

Kendati, lanjut Emrus, deklarasi tersebut masih bisa berubah. Selama proses pendaftaran di Komisi Pemilu Umum (KPU) belum dilakukan.

“Namun bila diganti, maka partai bisa dinilai publik tidak konsisten. Karena sudah diumumkan di muka publik,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version