Ingin Tetap Bertahan, Startup Digital Harus Miliki Ini

startup

Kegiatan startup di Jakarta. (Kominfo untuk INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Pandemi Covid- 19 berdampak pada dunia kerja, salah satunya startup yang marak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Terlihat startup tetap bertahan, karena telah memiliki pasar produk (product market).

“Begitu pandemi selesai, tradisional model kembali diberlakukan. Banyak startup yang salah memprediksi growth-nya. At the end, saya lihat, ini adalah seleksi alam yang bagus, a great startup akan jalan terus, (sedangkan) startup yang kurang kuat di product-market fit-nya tidak survive,” ujar Italo Gani perwakilan Startup Studio Indonesia (SSI) dalam keterangan, Selasa (29/8/2023).

Ia mengatakan, ekosistem global pun ikut berubah sehingga masyarakat dituntut untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan yang ada, termasuk budaya remote activity.

Sementara itu, Co-Founders Rekosistem Joshua Valentino melihat tren PHK dari objektif seorang perintis startup sekaligus pelaku usaha. Menurut Joshua, kaderisasi dalam organisasi adalah hal krusial yang wajib ada untuk menekan mencuatnya angka PHK di dunia startup.

“Melihat talent yang potensial memang merupakan hal yang menggiurkan, tapi organisasi itu juga sangat penting,” katanya.

Sementara itu, Koordinator SSI Sonny Hendra Sudaryana menegaskan, ada atau tidak adanya perubahan pada ekosistem global, SSI selalu menghadirkan literasi yang berbeda dari batch 1 hingga ke-7 saat ini. Program ini memfasilitasi dan mengakselerasi kebutuhan dari masing-masing early-stage startup dengan menyiapkan coach yang akan memecahkan masalah yang mereka hadapi.

“ Dilihat dari sisi market ketika di forum internasional, Indonesia dianggap sebagai market yang paling besar, maka kita harus meningkatkan kaliber dan kualitas founders-nya karena sebenarnya funding-nya ada, tapi mereka picky dalam melihat bagaimana startup dan founders-nya” katanya.

“Sekarang ini, ada 210 juta orang sudah mengakses internet, dari sisi market growing maka harus ditingkatkan dari segi kualitas founders,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version