Salam Metal Wapres Jangan Dipersepsikan Dukung Paslon Tertentu

Salam-3-jari

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin (kiri) mengacungkan salam metal saat perayaan HUT ke-51 PDIP di Jakarta. (Instagram/@ganjar_pranowo)

INDOPOS.CO.ID – Potret Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang mengacungkan salam tiga jari atau salam metal saat menghadiri acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Jakarta, Rabu (10/1/2024) menuai sorotan. Sebab, sangat sarat bernuansa politis.

Momen tersebut terjadi setelah Ma’ruf Amin mendapatkan potongan tumpeng pertama dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ia kemudian bersama segenap pejabat DPP PDIP berfoto bersama dengan pose salam metal tiga jari.

Pose foto salam metal Wapres itu lantas viral dan menjadi perbincangan publik, yang mempertanyakan netralitas Wapres pada Pemilu 2024. Apalagi hal tetsebut terjadi di masa kampanye.

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi meluruskan, bahwa pose salam metal Wapres semata-mata merupakan bentuk keakraban dan penghargaan terhadap PDIP yang merayakan ulang tahunnya.

“(Salam tiga jari Wapres) tidak seharusnya dipersepsikan Wapres mendukung pasangan Capres-Cawapres tertentu dalam kontestasi Pilpres saat ini,” kata Masduki Baidlowi dalam keterangannya diterima, Kamis (11/1/2024).

Ia menegaskan, bahwa Wapres konsisten mengambil posisi netral dalam kontestasi Pilpres 2024, seperti sering disampaikan dalam berbagai kesempatan.

“Netralitas itu lah yang menjadi salah satu alasan Wapres hadir dalam acara HUT PDIP, juga HUT Parpol yang lain,” ucapnya.

Ia menambahkan, salam metal tiga jari adalah salam khas PDIP yang telah lama dipakai oleh partai berlambang banteng tersebut.

“Salam metal (tiga jari) tersebut murni salam keakraban, menghargai HUT PDIP. Salam tersebut sudah lama dipakai PDIP, metal menunjukkan akronim merah total, sebagai warna bendera partai,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version