Pengaruh Jokowi Bakal Tergerus Usai Prabowo Dilantik Jadi Presiden

Prabowo-Jokowi

Menteri Pertahanan Prabowp Subianto bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta setelah Idulfitri 2024. (Instagram/@prabowo)

INDOPOS.CO.ID – Pengamat politik dari Universitas Nasional Selamat Ginting memperkirakan, calon presiden terpilih Prabowo Subianto bakal mulai melepas pengaruh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari dirinya setelah resmi dilantik pada Oktober 2024.

“Perlahan pengaruh Jokowi akan tergerus. Matahari politik dan bandul politik segera berpindah tangan dari Jokowi kepada Prabowo,” kata Ginting saat dikonfirmasi wartawan, Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Menurutnya, pada tahun pertama Prabowo menjabat sebagai presiden akan terjadi gejolak politik besar. Mengingat, mengakomodasi kubu 01 dan 03 yang berkompetisi di Pilpres 2024.

“Kabinet bisa berganti dalam setahun, karena akan mengakomodasi kubu 01 dan 03,” ujar Ginting.

Tentu saja setelah urusan politik dengan Jokowi telah selesai, Prabowo akan menjadi pendulum dalam kontraksi politik antara pasangan calon lain. “Kubu 01 dan 03, serta antara Megawati dengan Jokowi dan Megawati dengan SBY,” nilai Ginting.

Sehingga sosoknya membuat memiliki posisi tawar tinggi dalam politik nasional. “Posisi Prabowo yang moderat menjadi kunci bagi dirinya sebagai magnet politik,” imbuh Ginting.

Prabowo Subianto bakal menjadi Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden ke-8 pada 20 Oktober 2024. Sementara penetapan pemenangan hasil Pilpres 2024 bakal dilakukan hari ini oleh KPU.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan, penetapan capres – cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming, sebagai presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024 dilaksanakan pada, Rabu (24/4/2024).

“Tahapan berikutnya untuk Pilpres adalah penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih Pemilu 2024, yang diagendakan KPU akan dilaksanakan pada hari (ini), jam 10.00 WIB dilaksanakan di kantor KPU,” ucap Hasyim di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Senin (22/4/2024). (dan)

Exit mobile version