Bogor Terendam Banjir, Jakarta dan Tangerang Diminta Siaga

bpbd

Banjir merendam sejumlah kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat akibat hujan dengan intensitas tinggi. Foto: BPBD Kabupaten Bogor

INDOPOS.CO.ID – Wilayah Jakarta khususnya di sepanjang daerah aliran Sungai Ciliwung dan wilayah Banten, khususnya Lebak dan Tangerang diminta meningkatkan kesiapsiagaan dan melakukan upaya mitigasi potensi banjir.

Mengingat wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat sudah mengalami banjir, setelah hujan deras dengan intensitas tinggi dan pendangkalan daerah aliran sungai Pesanggrahan memicu banjir di enam kecamatan di Kabupaten Bogor.

“BNPB tetap mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah, bersama masyarakat melakukan segala upaya yang merujuk pada mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasiona Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari, Jakarta, Sabtu (16/7/2022).

Upaya yang dilakukan seperti normalisasi sungai, susur sungai, pembersihan sungai dari sumbatan sampah, sosialisasi kepada masyarakat dan memantau perkembangan cuaca secara berkala.

Masyarakat yang tinggal di sekitar lereng tebing dan bantaran sungai agar lebih meningkatkan kewaspadaan. “Apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi hingga lebih dari satu jam, maka diimbau agar mengungsi ke lokasi yang lebih aman,” tutur Abdul.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banten, Nana mengatakan banjir di Kabupaten Bogor secara otomatis akan berdampak langsung kepada wilayah Lebak dan Tangerang.

Ia meminta dukungan dan bantuan logistik dan khususnya peralatan, mengingat stok milik BPBD Banten kosong.

“Yang jelas karena Bogor banjir, akan berdampak langsung ke Banten, yaitu Lebak dan Wilayah Tangerang,” ucap Nana melalui pesan singkat secara perpisah.

Belum ada laporan mengenai korban jiwa, namun pendataan dan kaji cepat masih dilakukan di lapangan dan perkembangan informasi darurat banjir wilayah Jabodetabek akan diberikan secara berkala. (dan)

Exit mobile version