Wamenaker Harus Percepat Pembuatan Regulasi

Pelantikan

Pelantikan Menteri dan Wamen Reshuffte 2022, Rabu 13 Juni 2022

INDOPOS.CO.ID – Kehadiran Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) tentu sangat dibutuhkan untuk mendukung tugas Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) melakukan konsolidasi tugas-tugas di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Pernyataan tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Timboel Siregar melalui gawai, Kamis (16/6/2022). Ia berharap pelantikan Wamenaker mempercepat pembuatan regulasi.

Di antaranya, menurut dia, revisi Permenaker no 18 tahun 2018 tentang jaminan sosial Pekerja migran Indonesia (PMI) yang sangat dibutuhkan cepat selesai. Lalu juga regulasi yang memastikan pekerja informal miskin mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Regulasi ini untuk mencegah pekerja miskin tersebut jatuh pada kemiskinan ekstrem, dan pekerja informal yang miskin ekstrem dapat ditolong keluar dari kemiskinan,” katanya.

Ia menjelaskan, sesuai Inpres no 4 tahun 2022 tentang penanganan kemiskinan ekstrem, Kemnaker diberi tanggungjawab untuk mendorong perluasan cakupan kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaann bagi masyarakat miskin ekstrem.

“Wamenaker bisa membuat terobosan untuk perbaikan kinerja pengawas ketenagakerjaan (Wasnaker) secara sistemik, meningkatkan jumlah pengawas dan kualitas pengawasan,” ujarnya.

Demikian juga, dikatakan dia, masih banyak persoalan di sektor Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial yang perlu mendapat perhatian Menteri dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan.(nas)

Exit mobile version