Banten Unggul di Empat Cabor pada Penyisihan Kualifikasi Pra Popnas

Banten Unggul di Empat Cabor pada Penyisihan Kualifikasi Pra Popnas - voli putri - www.indopos.co.id

Atlet bola voli putri Banten pada babak penyisihan pertandingan kualifikasi Pra Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional), Sabtu (29/10/2022). Foto: Humas Pemprov Banten

INDOPOS.CO.ID – Hari pertama babak penyisihan pertandingan kualifikasi Pra Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional), sejumlah atlet dari empat cabang olahraga (cabor) beregu asal Provinsi Banten memperoleh poin memuaskan.

Poin yang dihasilkan itu mengungguli atlet dari enam daerah lainnya yang tergabung dalam zona III yakni tuan rumah Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Utara (Kaltara), Bali, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Empat cabor yang unggul pada babak penyisihan itu yakni Bulutangkis beregu putra dan putri. Atlet dari Banten berhasil memborong tiga poin sekaligus dari Kalteng dengan skor 3-0.

Kemudian Sepak Takraw berhasil merebut dua poin dari Bali. Untuk Bola Voli, dari dua grup yang dipertandingkan yakni putra berhasil merebut tiga poin dari Kalteng. Sedangkan untuk putri Banten kehilangan tiga poin dari Jawa Tengah (Jateng).

Selanjutnya Pencak Silat kontingen Banten berhasil meraih tiga poin dari grup putri yakni Adnes Julfita (A putri), Abu Sofyan (C putri) dan Kania Maharani (C putri). Dan yang membanggakan, Petinju asal Banten, Mars De Volta di kelas 51 Kg putra.

Selanjutnya untuk Sepakbola, Banten berhasil menyamakan poin dari Jateng 1-1. Bola Basket putri, Banten terpaut tipis dari DIY dengan poin 43-47.

Kepala Bidang Prestasi Olahraga pada Dinas Pemuda dan Olahraga, Nanang Sutisna optimistis pada ajang Pra Popnas ini kontingen Banten berhasil mengumpulkan poin yang maksimal.

“Sehingga nanti dari delapan cabor yang dipertandingkan ini kita bisa mengikutinya pada Popnas nanti,” katanya, di lokasi pertandingan mengatakan, Sabtu (29/10/2022).

Meski di hari pertama ini beberapa cabor unggul, Nanang mengingatkan kepada seluruh atlet, pendamping serta official agar tidak terlalu jumawa. Sebab, perjalanan pertandingan kualifikasi Pra Popnas ini masih cukup panjang.

“Kita harus tetap berlatih dengan sungguh-sungguh agar hasilnya bisa maksimal. Juga kepada seluruh masyarakat kami mohon do’anya agar seluruh kontingen Banten yang saat ini tengah bertanding diberikan kelancaran dan kemenangan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi jadwal yang diterima, pada Minggu (30/10/2022) agenda kualifikasi Pra Popnas masih pada tahap penyisihan atau Babak I pertandingan cabor lainnya yang belum dipertandingkan. Kemudian pada Senin (31/10/2022) fase semifinal atau babak penyisihan, dan final akan dilaksanakan pada Selasa (1/11/2022).

Pada kualifikasi Pra Popnas tahun 2022 ini, Banten mengirimkan 175 kontingen yang terdiri dari atlet, pelatih dan official.

Pra Popnas ini, sebagai ajang seleksi untuk para atlet menuju Popnas ke-16 tahun 2023 yang dilaksanakan di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. Delapan cabor yang dipertandingkan di Pra Popnas zona III ini sebagaimana dipertandingkan juga di Popnas ke-16 tahun 2023.

Adapun delapan cabor yang dipertandingkan itu adalah Bola Basket, Bola Voli, Bulutangkis, Pencak Silat, Sepakbola, Sepak Takraw, Tenis dan Tinju. (yas)

Exit mobile version