Demokrat : Koalisi Tunggu Tanggal 21 September

sbyip

Pertemuan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambamg yudhoyono (SBY) bersama Bakal Capres Prabowo Subianto di Hambalang, Minggu (17/9/2023). (foto : Istimewa)

INDOPOS.CO.ID – Meski sudah bertandang ke kediaman Prabowo Subianto di Hambalang, namun Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono tetap belum mendeklarasikan dukungannya. Menjawab hal tersebut, Herman Khaeron, Ketua DPP Partai Demokrat menjelaskan tunggu tanggal 21 September nanti.

“Kita tunggu tanggal 21 sept 2023 akan diumumkan,” kata Hero, panggilan akrab Herman Khareon saat dihubungi indopos.co.id, Minggu (17/9/2023).

Ia menjelaskan pada tanggal tersebut akan dilaksanakan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Demokrat.

“Dalam rapimnas nanti kita akan tentukan kemana arah koalisi kami nantinya,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, sejak keluar dari Koalisi Perubahan, Partai Demokrat sendiri belum menentukan sikap terkait dukungan kepada capres 2024.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Demokrat, Rachland Nashidik, mengatakan bahwa pertemuan SBY dan Prabowo yang betlangsung Minggu sore pykul 17.00 – 18.30 WIB ini berlangsung secara tertutup dan memang tidak ada agenda khusus.

“Ini sedang berlangsung. Pak SBY empat mata dengan Pak Prabowo. Lalu pertemuan para pemimpin dua partai, Demokrat dan Gerindra. Usai itu, para Ketum partai lain dan jajaran bergabung,” ujar Rachland.

Sementara, Koordinator Juru Bicara Demokrat, Herzaky Mahendra Putra turut mengatakan bahwa arah koalisi Demokrat kemungkinan akan ditentukan saat rapimnas pada 21 September 2023 mendatang.

Namun, Herzaky juga tidak menutup kemungkinan arah koalisi Demokrat akan diumumkan lebih cepat.

Diketahui, pertemuan SBY dan Prabowo juga dihadiri oleh para ketua umum partai dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), yaitu Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, serta politikus senior Agum Gumelar.

Selain itu, beberapa anggota DPP dari Gerindra, Demokrat, PAN, Golkar dan PBB juga hadir dalam pertemuan ini .

Pertemuan ini menjadi pertemuan kedua antara SBY dan Prabowo dalam kurun waktu kurang dari lima bulan.

Sebelumnya, keduanya bertemu di Museum dan Galeri SBY-ANI di Pacitan pada Mei 2023 lalu.

Saat itu, SBY mengatakan bahwa dirinya dan Prabowo memiliki visi yang sama untuk membangun Indonesia lebih baik .

Pertemuan antara SBY dan Prabowo di Hambalang menarik perhatian publik karena dianggap berpotensi menentukan arah koalisi Demokrat untuk Pilpres 2024. (dil)

Exit mobile version