Bertekad Raih Predikat WBBM, BPN Badung Tingkatkan Pelayanan

Bertekad Raih Predikat WBBM, BPN Badung Tingkatkan Pelayanan - bpn badung - www.indopos.co.id

Kantor BPN Kabupaten Badung, Bali. (Istimewa)

INDOPOS.CO.ID – Inovasi layanan yang dicetuskan oleh Kepala Kantor Pertanahan Badung, Provinsi Bali, Heryanto dalam mempermudah dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat patut diacungi jempol.

Setelah sukses menyelesaikan target PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) tahun 2022 sejak bulan Juni tahun lalu sebanyak 500 bidang, kantor Pertanahan yang memiliki inovasi layanan LaSerJet (Layanan Sertifikat Jemput di Tempat) ini juga pernah mendapatkan apresiasi dari Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni.

Bahkan, Wakil Menteri yang berasal dari partai PSI (Partai Solidaritas Indonesia) itu akan menjadikan program LaSerJet sebagai pilot project di Indonesia, karena terbukti mampu mempermudah masyarakat melakukan balik nama sertipikat Hak Guna Bangunan (HGB) menjadi sertipikat Hak Milik dengan sistem pelayanan jemput bola melalui metode deteksi, identifikasi dan eksekusi.

“Untuk PTSL tahun 2022 lalu berhasil kami selesaikan pada bulan Juni 2022, namun untuk target PTSL 2023 belum keluar,” terang Heryanto, Sabtu, (14/1/2022).

Heryanto manegaskan, tahun 2023 ini pihaknya menargetkan BPN Kabupaten Badung dapat maraih predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Langkah awal yang telah dilakukan oleh BPN Badung untuk meraih predikat WBBM itu adalah membangun Zona Integritas (ZI) yang ditujukan untuk penguatan reformasi birokrasi, pemberantasan KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) serta peningkatan kualitas pelayanan publik, diantaranya adalah penyampaian informasi SOP (Standar Operasional dan Prosedur) layanan kepada stakeholder, pemasangan janji layanan dan penyampaian informasi pengaduan.

”Insya Allah tahun 2023 BPN Badung bisa meraih predikat WBBM dari KemenPAN-RB, mohon doa dan dukungannya,” kata Heryanto yang juga mantan kepala BPN Tabanan ini.

Sementara Mantan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Bali Rudi Rubijaya yang kini menjabat Kakanwil BPN Banten optimistis BPN Badung dibawah kepemimpinan Haryanto akan mampu meraih predikat WBK/WBBM dari KemenPAN-RB tahun 2023 ini.

Rudi bercerita, saat dirinya menjadi Kakanwil BPN Bali dan Heryanto menjadi Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Tabanan, banyak melahirkan inovasi layanan yang menjadi legacy buat kepala kantor Pertanahan Tabanan berikutnya.

”Karena prestasinya di BPN Tabanan, beliau mendapatkan promosi menjadi Kakantah Badung,” cetus Rudi.

Rudi menambahkan, saat dirinya menjadi Kakanwil BPN Bali, melihat Heryanto sangat responsif dan selalu siap setiap saat melayani masyarakat.”Beliau itu orangnya responsif, selalu siap setiap saat melayani masyarakat, juga akrab menjalin hubungan dengan para pemangku kepentingan, seperti Pemda, aparat penegak hukum dan mitra kerja seperti PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah),” terang Rudi. (yas)

Exit mobile version