Keluarga Atut dan Dimyati Masih Jawara Suara Pileg di Banten

Sirekap

Ilustrasi sirekap

INDOPOS.CO.ID – Perolehan suara calon anggota legislatif DPR-RI dan DPD di Provinsi Banten berdasarkan hasil penghitungan suara sementara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap), Minggu (18/2/2024) hingga pukul 08.00 WIB, masih dikuasai oleh keluarga Ratu Atut Chosiyah, mantan Gubernur Banten, dan keluarga Dimyati Natakusumah, mantan Bupati Pandeglang.

Berdasarkan data terbaru Sirekap KPU, putri mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah yang maju sebagai calon anggota DPD, yaitu, Andiara Aprilia Hikmat S.I.Kom berhasil memimpin dengan perolah suara mencapai 336.763 atau 13,32 persen dari 33.324 TPS atau 55,70 persen.

Sementara menantu Mulyadi Jayabaya (JB) Mochamad Farid Derawan, suami dari mantan Bupati Lebak dua periode Hj Iti Octavia Jayabaya hanya memperoleh suara 134.747 suara atau 5,33 persen dari 33.324 TPS atau 55,70 persen.

Sementara perolehan suara untuk calon anggota DPR-RI di dapil 1 Kabupaten Lebak dan Pandeglang yang selama dikenal sebagai ‘dapil neraka’ karena bersaingnya tiga kekuatan keluarga. Yaitu, keluarga JB, Atut dan keluarga Dimyati, kini dikuasi oleh keluarga Atut dan Dimyati Natakusumah, sementara perolehan suara dari keluarga JB berdasarkan data sementara terlihat meredup.

Perolehan suara Hj Iti Octavia Jayabaya yang juga ketua DPD Partai Demokat Banten hingga pukul 08.00 WIB mencapai 28.013, dan kalah oleh perolehan suara dari anak Dimyati Natakusumah dari partai yang sama dengan perolehan suara mencapai 38.679.

Sedangkan perolehan suara Achmad Dimyati Natakusumah yang maju dari PKS berhasil meraih suara 20.160, peroleh suara tertinggi dari PKS di dapil 1.
Sementara perolehan suara Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya putra dari JB yang maju melalui PDIP untuk DPR-RI hanya 10.339, jauh dibawah perolehan suara Tia Rahmania yang mencapai 14.8632 dan perolah suara budayawan Bonie Triyana 13.394 sesama caleg dari PDIP dari dapil.

Sedangkan manantu Atut yang maju dari partai Golkar di Dapil 1 yaitu, Adde Rosi Khoerunnisa yang juga istri dari Andika Hazrumy mantan wakil Gubernur Banten berhasil memperoleh 21.973 suara dan menadi perolehan suara tertinggi sesama caleg partai Golkar di dapil 1.

Di Dapil Banten III perolehan suara adik ipar Ratu Atut Chosiyah, yaitu mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang juga ketua TPD Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berhasil memperoleh 53.729 suara dan merupakan suara tertinggi di partai Golkar Dapil Banten III, yaitu Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang. Sementara perolehan suara aktor Rano Karno yang maju dari PDIP di dapil tersebut baru memperoleh 31.321 suara atau tertinggi dari PDIP.

Di Dapil Banten II yang meliputi Kabupaten Serang dan Kota Cilegon, adik Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Haerul Jaman mantan Wali Kota Serang yang maju manjadi caleg DPR-RI dari Partai Golkar juga masih memimpin dengan perolehan 14.664 suara. (yas)

Exit mobile version