Teken Piagam Koalisi 3 Partai, Demokrat: Bulatkan Tekad Dukung Anies

Teken Piagam Koalisi 3 Partai, Demokrat: Bulatkan Tekad Dukung Anies - anies - www.indopos.co.id

Koalisi Perubahan teken piagam dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024. Foto: Instagram/@aniesbaswedan

INDOPOS.CO.ID – Koalisi Perubahan yang terdiri Partai Nasdem, Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera resmi dibentuk. Dengan menandatangi piagam kerjasama tiga partai di Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Piagam tersebut telah ditandatangani ketua umum ketiga parpol, yaitu Surya Paloh, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ahmad Syaikhu. Dengan demikian, kesepakatan untuk mengikat secara formal telah terbangun.

Politikus Partai Demokrat Santoso mengatakan, pihaknya telah membulatkan tekad mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Ya betul (bulatkan tekad), mirip deklarasi,” kata Santoso saat dikonfirmasi melalui gawai, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Penandatanganan piagam koalisi itu turut dihadiri perwakilan ketiga parpol. Di antaranya, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya dan Sugeng Suparwoto. Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman dan Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf. Serta Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya.

Piagam Koalisi berisi enam butir kesepakatan. Menyatakan bahwa atas dasar tanggung jawab untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat, yang menginginkan Indonesia terus menerus menjadi lebih baik dan demi mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

Dukungan tersebut tercapai setelah melalui proses dialog mendalam, pertukaran pikiran, dan suatu musyawarah yang penuh kebersamaan.

Adapun enam butir isi piagam koalisi tersebut yaitu, membentuk koalisi dengan nama Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Menetapkan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024-2029.

Selain itu, memberi mandat kepada Calon Presiden untuk memilih Calon Pasangannya. Memberi keleluasaan kepada Calon Presiden untuk berkomunikasi dengan Partai Politik lainnya dalam rangka memperluas basis dukungan.

Membentuk Sekretariat yang merupakan kelanjutan dari Tim Persiapan (Tim Kecil). Selanjutnya, pada waktunya mengumumkan Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden. (dan)

Exit mobile version