Buntut Kasus Brigadir J, Karo Paminal dan Kapolres Jaksel Dinonaktifkan

ilustrasi menembak

Ilustrasi seseorang menembak. Foto: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Kepolisian Indonesia (Polri) memutuskan menonaktifkan Karo Paminal Divisi Propam Polri Brigjen Hendra Kurniawan dan Kapolres Metro Jakarta Selatan (Jaksel) Kombes Budhi Herdi Susianto. Itu buntut pengusutan baku tembak sesama polisi di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Adu saling tembak itu melibatkan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dengan rekannya Bharada E di rumah dinas Kepala Divisi (Kadiv) Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri, Irjen Ferdy Sambo. Akibat kejadian itu Brigadir J meninggal dunia.

“Menonaktifkan dua orang. Pertama, Karo Paminal Brigjen Pol. Hendra Kurniawan. Kedua, yang dinonaktifkan adalah Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Pol. Budhi Herdi,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Polri belum menunjuk penanggungjawab sementara (Pjs) atau pejabat pengganti dua posisi tersebut. “Siapa pejabat sementaranya nanti secara administrastif akan di tunjuk Kapolda Metro Jaya (Irjen Fadil Imran),” tutur Dedi.

Ilustrasi senjata api. Foto: Freepik

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelumnya menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo dari jabatannya sebagai Kadiv Propam Polri. Jabatan tersebut akan diisi sementara oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Dalam pengusutan baku tembak dan dugaan pelecehan itu, Kapolri membentuk tim khusus yang dipimpin Wakapolri (Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono), Irwasum (Inspektur Pengawasan Umum) (Komisaris Jenderal Agung Budi Maryoto).

Selain itu, Kabareskrim (Kepala Badan Reserse Kriminal (Komisaris Jenderal Agus Andrianto) kemudian ada Kabaintelkam (Badan Intelijen dan Keamanan) Komisaris Jenderal Ahmad Dofiri dan Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri Wahyu Widada.

Termasuk melibatkan Provos dan Pengamanan Internal di Lingkungan (Paminal) Polri. Serta ada pihak lembaga negara independen dan lembaga pengawas fungsional Polri. (dan)

Exit mobile version